Harga Karet Tocom Awal Pekan Bullish Ikuti Sentimen Global

681

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet di bursa komoditas internasional kompak menguat pada perdagangan awal pekan setelah bergerak mixed sebelumnya. Harga karet Tocom di bursa Osaka-Jepang  hari Senin (24/8/2020) rebound kuat setelah 3 hari berturut sebelumnya alam tekanan jual signifikan hingga ke posisi terendah sepekan.

Pergerakan kuat harga karet mendapat suntikan dari sentimen positif yang mempengaruhi perdagangan bursa global sejak awal sesi Asia. Sentimen investor terangkat ketika  Presiden AS Donald Trump memberikan otorisasi darurat untuk penggunaan plasma darah dalam merawat pasien virus corona.

Selain itu juga pergerakan kuat harga karet di bursa Osaka, Sicom dan Shanghai mendapat sentimen positif dari pergerakan harga minyak mentah acuan dunia yang kuat. Selama ini pergerakan harga minyak mentah menjadi katalisator karena sebagai bahan pembuatan karet sintetis. Tambahan tenaga bagi perdagangan karet Tocom yaitu pelemahan kurs yen Jepang terhadap dolar AS.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Januari 2021 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 1,5 yen atau 0,87%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 174.8 yen, terendah sejak 13 Agustus. Sempat turun ke posisi rendah di 171,7 dan bergerak kuat  ke posisi 174,9.

Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak berjangka bulan Desember 2020 bergerak turun $2,2 atau 1,64% ke posisi 136,6. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan Januar1 2021 berada di posisi 12675 yuan, yang menguat 325 yuan atau 2,6% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here