Kekuatan Nikkei 24 Agustus Dibatasi oleh Spekulasi Kesehatan PM Shinzo Abe

268

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang perdagangan awal pekan hari Senin (24/8/2020) fluktuatif dan ditutup menguat melanjutkan trend positif perdagangan sebelumnya. Kekuatan saham Nikkei mendapat support dari tingginya harga saham bursa global, namun dibatasi oleh spekulasi kesehatan Perdana Menteri Jepang.

Sentimen investor terangkat ketika  Presiden AS Donald Trump memberikan otorisasi darurat untuk penggunaan plasma darah dalam merawat pasien virus corona. Kemudian pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan untuk mempercepat pengujian vaksin virus corona  dari Inggris untuk digunakan di Amerika, dengan melewati standar peraturan AS yang normal.

Indeks harian Nikkei ditutup naik 65,21 poin atau 0,28% lebih tinggi ke posisi 22985,51. Demikian indeks Topix bergerak naik 0,19% lebih tinggi ke posisi 1.607,13. Namun untuk indeks Nikkei berjangka bulan September 2020 kini sedang bergerak positif dengan naik 100 poin atau 0,44% ke posisi 23.000.

Perdana Menteri kembali dari pemeriksaan di rumah sakit Tokyo pada hari Senin untuk meyakinkan media tentang keadaan kesehatan dan bersikeras  ingin melakukan terbaik dalam  pekerjaannya.

Saham kapital besar yang mensupport pergerakan kuat Nikkei dari barisan indeks Topix   adalah saham Nintendo Co Ltd yang melojak 4,79%, diikuti oleh saham Mitsui & Co Ltd yang naik 1,10%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here