Kospi Menguat 3 Hari Berturut, Tertinggi dalam Sepekan

269
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan saham di bursa  Korea Selatan masih menguntungkan dengan indeks Kospi menguat untuk hari ketiga berturut pada perdagangan  hari Selasa (25/8/2020). Indeks Kospi melompat ke posisi tertinggi sepekan dengan dukungan banyak sentimen positif dari pasar global.   

Pada awal sesi menerima sentimen dari optimisme vaksin terbaru dari Inggris yang akan dicoba Amerika Serikat, kemudian semakin kuat oleh dialog konstruktif atas kesepakatan perdagangan AS-China dimana Kantor Perwakilan Dagang AS mencatat kemajuan dalam menyelesaikan masalah atas kesepakatan perdagangan Fase 1 yang dicapai pada bulan Januari, dengan kedua belah pihak berkomitmen untuk menyukseskan kesepakatan tersebut.

Kemudian dari laporan ekonomi, indeks Sentimen Konsumen Komposit di Korea Selatan meningkat menjadi 88,2 pada Agustus 2020 dari 84,2 pada bulan sebelumnya, membukukan pembacaan tertinggi sejak Februari.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) harian ditutup naik 36,9 poin atau 1,58%  lebih tinggi ke posisi 2.366,73.  Demikian untuk indeks Kospi200 berjangka menguat  4,26 poin atau 1,39% ke posisi 313.59,  setelah sempat  turun ke posisi rendah di 310.57 dan naik ke posisi tertinggi  314.14. Net buy investor asing terpantau 152 miliar Won setelah sesi sebelumnya cetak net buy 199 miliar Won.

Sentimen lainnya datang dari pernyataan Menteri Keuangan Hong Nam-ki  bahwa pemerintah akan meninjau kebutuhan untuk memberikan bantuan darurat putaran kedua jika kebangkitan infeksi virus korona baru-baru ini tidak melambat.  Korea Selatan mengumumkan 266 kasus COVID-19 baru pada hari Senin, penurunan pertama di bawah 300 dalam 4 hari.

Dari pergerakan saham kapital besar, rally saham Hyundai Motor dan saham Naver menambah tenaga Kospi dengan kenaikan 3,49% dan 1,56% masing-masing. Selain itu juga mendapat kekuatan dari saham unggulan seperti saham  Samsung Electronics naik 0,53 persen, saham SK hynix naik 1,99 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here