Rekomendasi Harga Minyak 25 Agustus 2020: Penurunan Tertolong Melemahnya USD

299

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak benchmark AS, WTI, sempat mengalami penurunan dari $42.76 ke $42.51 sebelum akhirnya naik lagi ke $42.71 karena melemahnya USD.

Memulai minggu perdagangan yang baru, minyak WTI semula mengalami kenaikan dari kerendahannya di $42.30 ke $42.76 karena badai yang bergerak menuju Teluk Meksiko. Selain itu kenaikan harga minyak disebabkan karena berita dari Reuters yang mengatakan bahwa para produsen minyak menghentikan produksi sebanyak 240.785 barel per hari sebelum hari Sabtu. Para Crew dievakuasi dari enam tempat produksi dan empat penyulingan minyak. Sebanyak tujuh kapal penyulingan dipindahkan dari jalur badai akan lewat. Namun setelah itu harga minyak turun dari $42.76 ke $42.51.

Penurunan harga minyak terjadi disebabkan karena Menteri Minyak Irak Jabbar Alluaibi mengatakan bahwa Irak menambah produksinya menjadi 5 juta barel per hari. Berita ini menyusul berita yang menurunkan perkiraan permintaan dari OPEC+ sebelumnya.

Kenaikan kembali harga minyak terjadi karena melemahnya dolar AS.

Perkataan Presiden Donald Trump yang menyetujui pengobatan coronavirus termasuk plasma telah mendorong sentimen positip dipasar dan membebani dolar AS. Usaha untuk mempercepat persetujuan para calon imunisasi dari Pfizer dan AstraZeneca juga membuat saham-saham mengalami permintaan beli sekalipun jumlahnya terbatas.

Pasar saham global mengalami kenaikan pada perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik secara solid pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai, termasuk S&P 500 dan Nasdaq mencetak rekor ketinggiannya.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $43.03 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $43.76 dan kemudian $44.52. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $41.54 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.78 dan kemudian $40.05.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here