Harga Batubara ICE Eropa Sedang Tidak Bergerak, Terendah 4 Tahun

375

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara pada perdagangan bursa komoditas berjangka internasional yang berakhir hari Rabu (26/8/2020) ditutup flat setelah sesi sebelumnya terjun ke posisi terendah 4 tahun lebih.   Pergerakan harga batubara acuan dunia yaitu NewCastle di bursa ICE Eropa dipengaruhi demand global yang masih tipis.

Jepang sebagai salah satu konsumen batubara terbesar dunia melaporkan impor batu bara termal  turun 14% setahun menjadi 8,9 juta ton pada Juli, menurut data sementara dari kementerian keuangan Jepang.  Anjloknya permintaan batubara negeri sakura tersebut oleh lebih rendahnya LNG untuk pembangkit listrik.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Oktober 2020 di ICE Eropa ditutup flat  ke posisi US$49,50. Harga tidak mengalami perubahan  dari sesi sebelumnya. Harga tidak bergerak dikarenakan terjadi tarik menarik sentimen yang mempengaruhi perdagangan batubara global.

Katalis pergerakan harga batubara di bursa berjangka menguat seperti harga minyak mentah yang melanjutkan penguatan hariannya dengan naik 1,62%. Namun harga gas alam retreat dari gain 2 hari berturut dengan turun 1,43%. Selain itu posisi dolar AS di pasar Eropa bergerak lebih rendah.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here