Harga Karet Tocom Sepanjang Pekan Rally dan Gain 7% Lebih

755

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet Tocom di bursa Osaka-Jepang  lanjutkan rally hingga perdagangan akhir pekan Jumat (28/8/2020) dan mendaki di posisi tertinggi 6 bulan baru. Harga karet terus menanjak selama 5 hari berturut dan cetak bullish mingguan dengan kenaikan 7,04%. 

Rally harga karet Tocom di bursa Osaka-Jepang disupport oleh pergerakan lemah yen Jepang terhadap dolar AS di tengah buruknya sentimen bursa saham Jepang. Investor menghiraukan sentimen negatif di bursa saham Tokyo yang dipengaruhi rencana pengunduran diri PM Jepang Shinzo Abe terkait kondisi kesehatannya.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Januari 2021 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 3 yen atau 1,64%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 185.5 yen, tertinggi sejak 29 Februari. Sempat turun ke posisi rendah di 181,6 dan bergerak kuat  ke posisi 185,6.

Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak berjangka bulan Desember 2020 bergerak menguat  $0,6 atau 0,43% ke posisi 139,0. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan Januar1 2021 berada di posisi 12645 yuan, yang melemah 10 yuan atau 0,07% dari posisi sebelumnya. 

Pergerakan retreat harga karet di Shanghai dipicu oleh berita masih menumpuknya pasokan karet lokal di pelabuhan. Namun penguatan harga karet juga disupport pergerakan harga minyak mentah jenis Brent yang bergerak rebound setelah 2 hari berturut bearish.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here