Kepercayaan Konsumen AS Bulan Agustus Meningkat

414

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen konsumen AS meningkat pada akhir Agustus karena membaiknya prospek ekonomi, namun tetap berada jauh di bawah level sebelum pandemi.

Indeks sentimen akhir Universitas Michigan untuk Agustus adalah 74,1, dibandingkan dengan pembacaan awal 72,8 dan pembacaan akhir Juli 72,5, menurut data yang dirilis Jumat (28/08). Estimasi median dari ekonom yang disurvei Bloomberg menyebutkan 72,8; ukuran tersebut masih sedikit di atas pandemi terendah April di 71,8.

Ukuran kondisi saat ini naik 0,1 poin menjadi 82,9 dan dibandingkan dengan pembacaan awal 82,5, sementara ukuran ekspektasi meningkat 2,6 poin menjadi 68,5.

Kenaikan sentimen menunjukkan bahwa orang Amerika masih memiliki harapan untuk rebound ekonomi. Indeks tersebut tetap jauh di bawah level sebelum krisis, menunjukkan pemulihan ekonomi yang lambat serta dampak dari lonjakan infeksi virus corona pada bulan Juni dan Juli.

Sebuah laporan pemerintah terpisah Jumat pagi menunjukkan bahwa rebound dalam belanja konsumen moderat pada Juli di tengah lonjakan kasus virus, dengan kenaikan lebih lanjut berisiko karena pemotongan tunjangan pengangguran tambahan.

Awal pekan ini, indeks kepercayaan konsumen Conference Board mencapai level terendah dalam enam tahun, semakin menyoroti dampak pandemi pada rumah tangga Amerika.

Laporan Michigan juga menunjukkan ekspektasi inflasi untuk tahun depan tetap sedikit meningkat pada 3,1%, mencerminkan kekhawatiran harga yang lebih signifikan di antara konsumen berpenghasilan menengah dan rendah, menurut laporan tersebut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here