Siapa Partner Walmart Untuk Mengakuisisi TikTok AS?

331

(Vibiznews – Technology) Akankah Walmart dan Microsoft tetap bekerja sama untuk mengakuisisi aset TikTok di AS?

Walmart mengonfirmasi kemitraannya dengan Microsoft Kamis, merilis pernyataan yang menyatakan minatnya pada e-commerce dan kemampuan periklanan TikTok.

Namun muncul isyu yang menyatakan Walmart akan bekerja sama dengan yang lain. Sebelum bekerja sama dengan Microsoft dalam beberapa hari terakhir, Walmart adalah bagian dari konsorsium yang dibentuk oleh Chief Operating Officer SoftBank Marcelo Claure, juga termasuk dengan perusahaan induk Google, Alphabet, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut seperti yang dilansir CNBC.

Claure dari SoftBank merasa citra Walmart yang sepenuhnya Amerika dan memiliki tulang punggung infrastruktur komputasi cloud Google dapat menjadi jalan masuk bagi perusahaan teknologi Jepang ini, yang berspesialisasi dalam membeli perusahaan teknologi muda yang terbang tinggi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Uber dan WeWork, demikian kata beberapa sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi bersifat pribadi, seperti yang dilansir CNBC.

Struktur kesepakatan akan menjadikan Walmart sebagai pembeli utama, dengan SoftBank dan Alphabet memperoleh saham minoritas. Satu atau dua pemegang minoritas lainnya mengadakan pembicaraan untuk bergabung dengan konsorsium, kata dua orang sumber seperti yang dilansir CNBC.

Walmart ingin menjadi penyedia e-commerce dan pembayaran eksklusif untuk TikTok dan memiliki akses ke data pengguna untuk meningkatkan kemampuan tersebut, kata salah satu orang. Tetapi orang-orang mengatakan pemerintah AS ingin pembeli utama TikTok menjadi perusahaan teknologi karena itu akan lebih sesuai dengan alasan keamanan nasionalnya untuk memaksa pemilik China, ByteDance, mendivestasi TikTok yang beroperasi di AS.

Alphabet, yang juga memiliki YouTube dan dapat menghadapi oposisi antimonopoli yang signifikan jika mengakuisisi aset TikTok di A.S, terutama tertarik pada TikTok sebagai pelanggan komputasi awan baru, dan merasa tidak dalam posisi untuk memimpin kesepakatan, kata orang. Itu menyebabkan konsorsium itu berantakan minggu lalu dan membuat Walmart, yang semakin yakin bahwa TikTok cocok dengan strateginya, untuk bermitra dengan Microsoft dalam penawaran.

Microsoft tidak terlalu membutuhkan SoftBank sebagai mitra, dengan kapitalisasi pasar lebih dari $ 1,7 triliun. Daya tarik Walmart dan basis pengguna yang luas masuk akal sebagai mitra baik secara politik maupun finansial, kata salah satu orang.

TikTok belum memutuskan antara tawaran Microsoft-Walmart dan tawaran saingan dari Oracle, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Kesepakatan yang ditetapkan untuk menghargai TikTok yang beroperasi di A.S. dalam kisaran $ 20 miliar hingga $ 30 miliar, dapat diselesaikan dalam 48 jam ke depan, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut seperti yang dilansir CNBC.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here