Harga Karet Tocom 1 September Masih Tinggi, Sicom Flat

1048

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet di  bursa komoditas berjangka internasional pada perdagangan  hari Selasa (1/9/2020) masih menunjukkan kenaikan oleh harapan  meningkatnya permintaan karet global. Demikian perdagangan  di bursa Osaka-Jepang, harga karet Tocom masih bergerak rally  dan berada di posisi tertinggi 1 tahun.

Sentimen positif masih kuat merespon data PMI Manufaktur Caixin China yang  naik cukup signifikan sepanjang bulan Agustus dari periode bulan sebelumnya dan sekaligus menjadi  bulan pertumbuhan keempat berturut-turut di sektor pabrik dan yang paling tajam sejak awal tahun 2011. Data ini memberikan harapan meningkatnya demand karet global dikarenakan China sebagai salah satu konsumen terbesar dunia. 

Untuk rally harga karet Tocom di bursa Osaka-Jepang menghiraukan posisi  pergerakan kuat yen Jepang terhadap dolar AS yang telah melemahkan perdagangan saham di bursa Jepang.  Sentimen tambahan bagi karet Tocom juga datang pergerakan positif harga minyak mentah jenis Brent.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Januari 2021 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 3,6 yen atau 1,85%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 197.7 yen, tertinggi sejak Agustus 2019. Sempat turun ke posisi rendah di 192,8 dan bergerak kuat  ke posisi 199,9.

Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak berjangka bulan Januari 2021 bergerak flat atau sama dengan harga sesi sebelumnya di posisi 143,9. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan Januar1 2021 berada di posisi 12820 yuan, yang menguat 40 yuan atau 0,2% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here