Bursa Amerika Awal Bulan September Cetak Rekor Tertinggi

220

(Vibiznews-Index) – Memulai perdagangan saham bulan September di bursa Amerika, semua indeks utamanya berakhir di zona positif dengan gain yang besar. Indeks Nasdaq dan S&P500 melonjak ke posisi rekor tertinggi barunya. Perdagangan sebelumnya Dow Jones dan S&P500 berada di zona merah.

Indeks  Nasdaq  melonjak 164,21 poin atau 1,4 persen menjadi 11.939,67, indeks Dow Jones naik 215,61 poin atau 0,8 persen menjadi 28.635,66 dan indeks S&P 500 naik 26,34 poin atau 0,8 persen menjadi 3.526,65.

Saham teknologi bergerak rally  dengan saham Apple  memimpin gain lebih tinggi setelah pemecahan saham sebelumnya. Saham Zoom Video  juga melonjak setelah perusahaan konferensi video tersebut melaporkan hasil kuartal kedua yang lebih baik dari yang diharapkan dan menaikkan proyeksi setahun penuhnya.

Menambah sentimen positif, Institute for Supply Management merilis laporan yang menunjukkan aktivitas manufaktur di AS meningkat pada tingkat yang lebih cepat di bulan Agustus. Indeks PMI  naik menjadi 56,0 pada Agustus dari 54,2 pada Juli, dengan data  di atas 50 menunjukkan pertumbuhan dalam aktivitas manufaktur.

Secara sektoral, saham kimia bergerak menguat tajam selama sesi perdagangan  mendorong Indeks Sektor Kimia S&P naik 3,1 persen ke rekor penutupan tertinggi. Kekuatan substansial juga terlihat di antara saham baja, seperti yang tercermin dari lonjakan 2,5 persen oleh NYSE Arca Steel Index.

Saham perumahan juga menunjukkan kekuatan yang cukup besar pada hari itu, menghasilkan lonjakan 2,6 persen oleh Indeks Sektor Perumahan Philadelphia.  Saham semikonduktor, ritel dan perangkat lunak juga menunjukkan pergerakan naik yang signifikan, sementara itu saham bioteknologi, emas dan farmasi bergerak bearish.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here