Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Harapan Pemulihan Ekonomi

349

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak naik pada Kamis (03/09) terdukung peningkatan data Markit Composite zona Eropa dan harapan stimulus AS untuk pemulihan ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6% pada sore hari, memangkas kenaikan sebelumnya. Saham perjalanan dan rekreasi melonjak 3,3% memimpin kenaikan karena semua sektor kecuali sumber daya dasar dan teknologi, bertahan di wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,28%. Indeks DAX menguat 0,66%. Indeks CAC melonjak 1,29%.

Pembacaan Markit composite PMI (Purchasing Managers ‘Index) zona euro final Kamis menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi berkembang lebih dari yang diperkirakan pada bulan Agustus, berada di 51,9 terhadap perkiraan 51,6, dengan pembacaan di atas 50 mewakili ekspansi bulanan.

Namun ini lebih rendah dari 54,9 pembacaan untuk Juli, karena sejumlah negara Eropa berjuang dengan kenaikan kasus virus corona.

PMI jasa Jerman untuk Agustus direvisi naik tajam menjadi 52,5 dari perkiraan awal 50,8.

Pasar saham global menerima dorongan dari harapan akan stimulus AS lebih lanjut dan kemajuan vaksin virus corona, dengan 76 negara kini berkomitmen pada program “COVAX” Organisasi Kesehatan Dunia untuk mendistribusikan vaksin secara merata saat tersedia.

Di Amerika Serikat, S&P 500 dan Nasdaq mencatat rekor tertinggi pada hari Rabu dan Dow Jones Industrial Average membukukan penutupan pertama di atas 29.000 poin sejak Februari. Wall Street tampaknya akan membuka lebih tenang pada hari Kamis setelah awal yang kuat untuk bulan ini, dengan data klaim pengangguran mingguan utama dari Departemen Tenaga Kerja menjadi titik fokus utama bagi investor.

Dalam berita perusahaan, Commerzbank pada hari Rabu memutuskan hubungan dengan auditor EY sehubungan dengan skandal akuntansi Wirecard, dengan raksasa akuntansi Inggris itu sekarang menjadi sorotan setelah menandatangani pembukuan Wirecard selama bertahun-tahun.

Dalam hal aksi harga saham individu, Melrose Industries naik 13% pada perdagangan sore setelah melaporkan perdagangan yang lebih kuat dari perkiraan selama bulan-bulan musim panas dan memproyeksikan pemulihan di sektor penerbangan dan otomotif, meskipun laba turun tajam untuk paruh pertama.

Induk British Airways IAG naik 8,9% memimpin reli luas untuk sektor perjalanan, dengan Easyjet, Tui dan Lufthansa semuanya menambahkan lebih dari 7%.

Di ujung lain Stoxx 600, perusahaan telekomunikasi Swedia, Sinch, turun 8,2% setelah Otoritas Pasar dan Persaingan (CMA) Inggris mengumumkan penyelidikan atas rencana akuisisi unit komunikasi cloud SAP.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik menyusul data Markit Composite final Agustus meningkat melebihi perkiraan dan harapan stimulus ekonomi AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here