Klaim Pengangguran AS Menurun

349

(Vibiznews – Economy & Business) Jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan minggu lalu.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara mencapai 881.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 29 Agustus, dibandingkan dengan 1,011 juta pada pekan sebelumnya, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada Kamis. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan 950.000 aplikasi dalam minggu terakhir.

Dengan laporan klaim minggu lalu, Departemen Tenaga Kerja mengubah metodologi yang digunakan untuk mengatasi fluktuasi musiman dalam data, yang dikeluhkan ekonom menjadi kurang dapat diandalkan karena guncangan ekonomi yang disebabkan oleh krisis virus corona.

Pemulihan pasar tenaga kerja dari kedalaman pandemi pada pertengahan Maret hingga April tampaknya goyah. Meskipun infeksi COVID-19 baru telah mereda setelah kemunculan kembali yang luas sepanjang musim panas, banyak titik panas tetap ada, terutama di kampus-kampus yang telah dibuka kembali untuk pembelajaran langsung.

Bisnis telah menghabiskan pinjaman pemerintah untuk membantu upah, sementara suplemen pengangguran mingguan berakhir pada bulan Juli.

Sebuah laporan pada hari Rabu dari Federal Reserve berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari kontak bank sentral AS pada atau sebelum 24 Agustus menunjukkan peningkatan lapangan kerja. Namun, The Fed mencatat bahwa “beberapa distrik juga melaporkan pertumbuhan pekerjaan yang melambat dan peningkatan volatilitas perekrutan, terutama di industri jasa, dengan meningkatnya contoh pekerja yang diberhentikan secara permanen karena permintaan tetap lemah.”

Indikator pasar tenaga kerja lainnya juga menunjukkan penurunan dalam pertumbuhan pekerjaan. Majikan swasta mempekerjakan lebih sedikit pekerja dari yang diperkirakan pada bulan Agustus. Selain itu, data dari Kronos, perusahaan perangkat lunak manajemen tenaga kerja, dan Homebase, perusahaan penjadwalan dan pelacakan penggajian, menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja mengalami stagnasi bulan lalu.

Pemerintah dijadwalkan menerbitkan laporan ketenagakerjaan Agustus pada hari Jumat. Menurut survei Reuters terhadap ekonom nonfarm payrolls kemungkinan naik 1,4 juta pekerjaan bulan lalu setelah meningkat 1,763 juta pada Juli. Itu akan membuat daftar non farm payroll sekitar 11,5 juta di bawah tingkat pra-pandemi mereka.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here