Bursa Eropa Positif Terdukung Kenaikan Saham Perbankan

381

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Jumat (04/09), terdorong kenaikan saham perbankan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7% pada akhir pagi, dengan bank-bank reli 2,5% memimpin kenaikan karena hampir semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,64%. Indeks DAX naik 0,13%. Indeks CAC meningkat 0,90%.

Pasar mengabaikan penurunan hari Kamis di Amerika Serikat, di mana Dow Jones Industrial Average jatuh 800 poin, atau 2,8%, untuk mencatat kerugian satu hari tertajam sejak Juni, sementara S&P 500 jatuh 3,5% dan Nasdaq Composite turun 5%. Saham-saham raksasa teknologi Apple, Amazon, Netflix, Alphabet, dan Facebook memimpin kerugian dengan sektor teknologi luas membukukan hari terburuknya sejak Maret, yang mendorong sebagian besar pemulihan Wall Street dalam beberapa bulan terakhir.

Kerugian meluas ke bursa Asia Pasifik, dengan S & P / ASX 200 Australia jatuh lebih dari 3% sementara saham teknologi memicu penurunan lebih dari 1% untuk sebagian besar pasar Asia.

Kembali ke Eropa, UE sedang mempertimbangkan sanksi baru terhadap Rusia menyusul diracunnya kritikus Putin, Alexei Navalny, setelah pelaku spesifik telah diidentifikasi dengan benar, Reuters melaporkan mengutip sumber eksekutif dan diplomatik.

Caixabank dan Bankia Spanyol hari Kamis mengumumkan bahwa mereka telah memasuki pembicaraan merger untuk menciptakan bank terbesar di Spanyol. Saham Caixabank melonjak lebih dari 14% pada awal perdagangan, sementara pemberi pinjaman rekan senegaranya Banco de Sabadell melonjak lebih dari 10%. Bankinter Spanyol bertambah 5,5% dan Commerzbank Jerman melonjak 7,6%.

Di bagian bawah indeks blue-chip Eropa, pasar online Norwegia Adevinta turun 4,4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung kenaikan saham-saham perbankan. Namun jika malam nanti data Non Farm Payroll AS menurun, akan dapat menekan bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here