Bursa Eropa Awal Pekan Rebound

306

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada Senin (07/09) pulih dari kerugian berturut-turut yang dipicu oleh sektor teknologi pada akhir pekan lalu.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7% pada awal perdagangan, dengan otomotif menambahkan 1,7% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE melonjak 1,3%. Indeks DAX menguat 1,2%. Indeks CAC meningkat 1,1%

Indeks saham global minggu lalu mencatat penurunan persentase mingguan terbesar dalam hampir tiga bulan karena penurunan untuk saham teknologi besar AS, yang telah memicu sebagian besar pemulihan pasar ekuitas negara, membebani sentimen.

Saham di Asia Pasifik beragam selama perdagangan Senin sore, dengan investor memantau ketegangan lebih lanjut antara Washington dan Beijing setelah Reuters melaporkan bahwa pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan untuk memasukkan Semiconductor Manufacturing International Corporation (SMIC), pembuat chip terbesar China ke dalam daftar hitam.

Kembali ke Eropa, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson diperkirakan akan menyatakan pada hari Senin bahwa Inggris dan Uni Eropa harus “melanjutkan” jika tidak ada kesepakatan perdagangan bebas yang dapat disepakati sebelum 15 Oktober. Putaran kedelapan dari negosiasi Brexit akan dimulai kembali minggu ini.

Jerman pada Minggu memperingatkan bahwa kurangnya kerja sama Rusia dengan penyelidikannya terhadap peracunan pemimpin oposisi Alexei Navalny dapat memaksa ekonomi terbesar Eropa untuk memikirkan kembali proyek pipa gas Nord Stream 2 antara kedua negara.

Dalam berita perusahaan, vaksin virus corona yang sedang dikembangkan oleh Sanofi Prancis dan GlaxoSmithKline Inggris kemungkinan akan menelan biaya kurang dari 10 euro ($ 11,80), presiden Sanofi Prancis mengatakan Sabtu.

Surat kabar Swiss SonntagsZeitung melaporkan pada hari Minggu bahwa bukti lebih lanjut belum diungkapkan tentang insiden mata-mata tambahan di Credit Suisse di bawah masa jabatan mantan CEO Tidjane Thiam. Bank tersebut saat ini sedang menjalani tindakan penegakan oleh regulator Swiss FINMA atas skandal mata-mata yang meletus akhir tahun lalu.

Banco De Sabadell dari Spanyol melihat sahamnya melonjak lebih dari 7% di awal perdagangan, sementara tidak ada kerugian yang signifikan di Stoxx 600.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung aksi bargain hunting setelah mengalami penurunan akibat kemerosotan saham teknologi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here