Rekomendasi Harga Minyak 9 September 2020: Turun Ke Kerendahan Lebih Dari 3 Bulan

389

(Vibiznews – Commodity) Setelah penurunannya pada hari Senin, minyak berjangka AS, WTI melanjutkan momentum turunnya dan menyentuh kerendahan baru lebih dari 3 bulan di bawah dari $37.

Para penjual WTI kembali datang bersamaan dengan munculnya keengganan terhadap resiko di pasar Eropa dengan eskalasinya ketegangan antara Amerika Serikat dengan Cina dikombinasikan dengan bertambahnya kasus coronavirus di seluruh Eropa yang menekan minat terhadap assets yang beresiko.

Ketegangan yang baru antara Amerika Serikat dengan Cina meningkat dengan Amerika Serikat dikabarkan sedang mempertimbangkan melarang sebagian atau keseluruhan produk yang dibuat dengan kapas dari provinsi Xinjiang Cina. Sementara Presiden AS Donald Trump mengatakan dia berencana untuk mengakhiri ketergantungan Amerika Serikat terhadap Cina.

Selanjutnya, meningkatnya kasus coronavirus secara global menambah keragu-raguan terhadap kekuatan dari pemulihan ekonomi, yang pada gilirannya membebani prospek permintaan terhadap minyak mentah. Sementara impor minyak dari Cina pada bulan lalu menurun, sedangkan Cina merupakan importer minyak terbesar di dunia.

Kecenderungan jual emas hitam ini meningkat setelah Arab Saudi membuat pemotongan harga minyak mentah bulanan terhadap para pelanggan Asianya, selain menguatnya dolar AS secara luas yang tidak terbendung.

Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan  “support” kunci di $36.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $36.00 dan kemudian $35.39. Sedangkan kenaikannya kembali akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $37.06 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $38.52 dan kemudian $39.30.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here