Bursa Eropa Bergerak Naik Terdorong Harapan Penemuan Vaksin Virus Corona

356

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Senin (14/09), terdorong dimulainya kembali uji coba vaksin virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6% pada awal perdagangan, dengan saham teknologi bertambah 1,1% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,26%. Indeks DAX menguat 0,39%. Indeks CAC meningkat 0,6%.

Saham global menerima dorongan dari berita bahwa uji coba Fase III vaksin virus corona AstraZeneca telah dilanjutkan di Inggris setelah uji coba dihentikan minggu lalu karena masalah keamanan. Berita tersebut menimbulkan harapan keberhasilan penemuan vaksin virus corona.

AstraZeneca mengatakan telah menerima konfirmasi dari Medicines Health Regulatory Authority Inggris bahwa sudah aman untuk melanjutkan uji klinis.

Sementara itu di Asia, saham naik pada perdagangan Senin dengan investor mengamati saham konglomerat Jepang SoftBank Group menyusul pengumuman penjualan perancang chip Inggris Arm ke perusahaan chip AS Nvidia dalam kesepakatan senilai $ 40 miliar, perusahaan mengumumkan Minggu.

Berita itu membantu mengangkat sentimen di AS dengan saham berjangka naik pada Minggu malam, datang setelah aksi jual saham teknologi minggu lalu.

Di depan data, angka produksi industri zona euro akan dirilis untuk Juli dan OPEC merilis laporan bulanan terbaru di pasar minyak.

Dalam hal aksi harga saham individu, saham Dassault Aviation melonjak lebih dari 9% pada awal perdagangan untuk memimpin Stoxx 600 setelah Angkatan Udara Yunani mengumumkan pesanan untuk 18 jet tempur Rafale-nya. Induk British Airways IAG juga naik lebih dari 9%.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, perusahaan farmasi Belgia Galapagos turun 4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdorong harapan positif penemuan vaksin virus corona setelah perusahaan AstraZeneca dapat melanjutkan uji coba tahap akhir.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here