Rekomendasi Harga Emas 17 September 2020: Naik Menjelang FOMC the Fed

1311

(Vibiznews – Commodity) Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat. Hal kunci diluar pasar metal berharga adalah turunnya indeks dolar AS dan naiknya harga minyak mentah. Minyak mentah mengalami “rebound” dari penurunan baru-baru ini, yang membuat pergerakan naik komoditi mentah termasuk metal berharga. Keyakinan akan pasar yang lebih baik bisa membantu terjadinya kenaikan harga yang berkelanjutan.

Emas berjangka bulan Oktober naik $6.50 pada $1,964.50 per ons. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 1.030.000,- per gram, turun Rp 7000,-

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS dibuka naik pada perdagangan sesi New York. Minat terhadap resiko dari para trader dan investor tetap tinggi pada pertengahan minggu dengan pasar saham global umumnya mengalami “rebound” dari tekanan jual yang dimulai pada bulan September. Kenaikan pasar emas ditengah sikap pasar yang optimis menunjukkan ketangguhan metal safe-haven ini.

Fokus pasar pada saat ini ada pada pertemuan FOMC Federal Reserve AS yang akan berakhir pada hari Kamis dinihari. Bank sentral AS ini diperkirakan tidak mengubah tingkat suku bunganya dan juga tidak mengubah skema pembelian obligasinya, namun kemungkinan akan memproyeksikan kenaikan “employment” dan pertumbuhan yang bertahap untuk kembali ke level sebelum pandemik.

Jika Gubernur Federal Reserve Jerome Powell memberikan gambaran yang mengkuatirkan mengenai pertumbuhan namun menahan diri untuk memberikan signal mengenai stimulus yang baru, saham kemungkinan bisa turun dan dolar AS naik sehingga menekan harga emas.

Penjualan ritel AS muncul di 0.6%  meleset dari yang diperkirakan 1.1% dan lebih kecil dari angka sebelumnya 0.9%.

Kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,973.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,992.50 dan kemudian $2,000.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,949.10 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,937.00 dan kemudian $1,900.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here