IPO TikTok AS Masih Menunggu Keputusan Trump

281

(Vibiznews – Technology) Presiden AS Donald Trump diperkirakan akan memutuskan nasib TikTok di AS. dalam 24-36 jam ke depan, demikian sumber informasi yang dirilis CNBC.

Untuk mengatasi masalah kepemilikan, ByteDance berencana untuk melakukan penawaran umum perdana TikTok global di bursa saham AS, menurut orang yang akrab dengan masalah tersebut. Oracle juga akan memiliki saham minoritas yang kurang dari 20% dari TikTok global baru, kata dua orang. Walmart juga akan mengambil saham, meski ukurannya masih belum diketahui, menurut dua orang, demikian seperti yang dirilis CNBC.

Departemen Keuangan AS mengirim revisi besar tentang masalah keamanan pada lembar persyaratan TikTok / Oracle Rabu malam, sumber mengatakan kepada CNBC. ByteDance telah sepenuhnya menyetujui revisi tersebut, kata sumber tersebut, meskipun tidak jelas apa perubahan yang terjadi.

Trump telah bertemu dengan anggota Kabinet dan penasihat lainnya ketika dia memutuskan apakah akan menyetujui kesepakatan itu atau tidak, menurut orang lain yang mengetahui masalah tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena pembicaraan itu bersifat pribadi. Ada sudut pandang yang beragam di antara para penasihatnya, termasuk Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan Jared Kushner, menantu presiden, kata salah satu orang.

Penawaran umum perdana TikTok kemungkinan akan menjadi IPO teknologi terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Valuasi pribadi perusahaan diperkirakan sekitar $ 50 miliar.

Trump mengatakan pada Rabu bahwa dia keberatan dengan gagasan bahwa ByteDance yang berbasis di Beijing akan mempertahankan saham mayoritas di TikTok.

TikTok memilih tawaran Oracle untuk menjadi “mitra teknologi tepercaya” dan pemangku kepentingan minoritas awal pekan ini atas tawaran Microsoft, yang telah dalam pembicaraan untuk mengakuisisi semua aset TikTok di AS, serta di Kanada, Australia dan Selandia Baru.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here