Kospi Akhir Pekan Rebound, Saham LG Chem Melonjak Diburu Investor Asing

209

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korea Selatan pulih kembali pada perdagangan akhir pekan  hari Jumat (18/9/2020), setelah 2 hari berturut melemah ke posisi terendah sepekan. Indeks Kospi akhir pekan rebound dan sepanjang minggu cetak gain 4 pekan berturut.

Penguatan kospi disupport oleh aksi bargain hunting investor asing terhadap saham-saham kapital besar yang tertekan sepanjang pekan. Terpantau aksi beli investor asing cetak net buy hingga 144 miliar Won. 

Sentimen juga didukung oleh pernyataan  Menteri Keuangan Hong Nam-ki  pada pertemuan online Menteri Keuangan dan Kesehatan Negara Kelompok 20 (G20) pada hari Kamis,  dimana selama pandemi transformasi digital meningkat dan solusi nirkontak dalam bisnis dan masyarakat, sekaligus meningkatkan kebutuhan akan ekonomi yang ramah lingkungan.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) harian ditutup naik 6,23 poin atau 0,26 persen menjadi  2.412,40. Untuk indeks Kospi200 berjangka naik 0,39 poin atau 0,12% ke posisi 318.39, setelah sempat  turun ke posisi rendah di 316.62  dan naik ke posisi tertinggi  319.81.

Saham-saham kapital besar yang banyak dibeli investor asing seperti saham LG Chem dengan penguatan 4,19%, saham Samsung SDI menguat 1,61%, saham Posco menguat 1,05% dan saham SK Hynix menguat 0,85%. Saham LG Chem melonjak  sehari setelah mengumumkan keputusannya untuk melepaskan bisnis baterainya pada bulan Desember untuk lebih memperkuat posisi terdepan di sektor tersebut di tengah meningkatnya permintaan untuk baterai kendaraan listrik.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here