Ketua The Fed AS : Ekonomi AS Menunjukkan Peningkatan Nyata

533

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi AS telah menunjukkan peningkatan yang nyata, tetapi jalan di depan tetap tidak pasti dan bank sentral AS akan berbuat lebih banyak jika diperlukan, Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan kepada panel kongres pada hari Selasa (22/09).

Memperhatikan rebound dalam pekerjaan dan pengeluaran rumah tangga sejak krisis ekonomi pada musim semi dan awal musim panas, Powell mengatakan pemulihan penuh kemungkinan akan datang hanya ketika orang yakin bahwa aman untuk terlibat kembali dalam berbagai aktivitas dengan virus corona yang terkendali.

Sampai saat itu, pejabat Fed “tetap berkomitmen untuk menggunakan alat kami untuk melakukan apa yang kami bisa, selama diperlukan, untuk memastikan bahwa pemulihan akan sekuat mungkin, dan untuk membatasi kerusakan yang bertahan lama pada ekonomi,” kata Powell dalam kesaksian kepada Komite Jasa Keuangan DPR seperti yang dirilis Reuters.

Sidang, yang mencakup kesaksian dari Menteri Keuangan Steven Mnuchin, adalah yang pertama dari tiga minggu ini di mana kepala Fed akan mengajukan pertanyaan tentang tanggapan bank sentral terhadap pandemi dan penerapannya dari the Coronavirus Aid, Relief and Economic Security Act.

Mnuchin, dalam sambutannya kepada komite yang dikendalikan Demokrat, mengatakan dia merasa ekonomi “akan melihat pertumbuhan kuartal ketiga yang luar biasa, didorong oleh penjualan ritel yang kuat, penjualan rumah baru dan rumah yang ada, pertumbuhan manufaktur, dan peningkatan aktivitas bisnis.” Namun, “paket target” lebih lanjut dari bantuan fiskal masih dibutuhkan, kata Mnuchin.

Kongres mengesahkan paket bantuan Undang-Undang CARES senilai $ 2,3 triliun pada akhir Maret sebagai dasar tanggapan ekonomi pemerintah federal terhadap pandemi. Ini memberi wewenang kepada Departemen Keuangan untuk mendanai serangkaian program pinjaman dan kredit Fed.

Sementara itu, pengangguran tetap tinggi dan sekitar 29 juta orang mengklaim suatu bentuk asuransi pengangguran dari minggu ke minggu.

Pandemi menjadi pukulan mematikan bagi ekspansi ekonomi AS terlama yang pernah ada ketika penutupan bisnis yang meluas dan pesanan tinggal di rumah memicu penurunan terbesar dalam aktivitas setidaknya sejak Perang Dunia Kedua. The Fed menanggapi dengan memangkas suku bunga mendekati nol, meningkatkan pembelian obligasi dan meluncurkan hampir selusin fasilitas kredit darurat, beberapa dengan dukungan Departemen Keuangan.

Secara keseluruhan, kata Powell, The Fed telah “membantu membuka” pendanaan $ 1 triliun untuk menjaga bisnis agar tidak tutup sehingga mereka dapat lebih mudah mempekerjakan kembali pekerja ketika ekonomi meningkat.

Program Pinjaman Jalan Utama The Fed senilai $ 600 miliar sejauh ini telah meminjamkan atau sedang dalam proses meminjamkan $ 2 miliar kepada bisnis yang tidak dapat memperoleh kredit, kata Powell. Masukan mengatakan Fed dan Departemen Keuangan seharusnya mempermudah pinjaman.

Kongres berada pada kebuntuan dalam negosiasi mengenai dukungan tambahan untuk orang Amerika yang tidak bekerja setelah suplemen federal $ 600 seminggu untuk bantuan pengangguran habis masa berlakunya selama musim panas.

Powell mengatakan bahwa stimulus federal tambahan kemungkinan akan dibutuhkan, meskipun penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan pemulihan itu “mandiri” tanpanya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here