Aktivitas Bisnis Zona Eropa Terpukul Gelombang Kedua Virus Corona

363
sumber gambar : teller report

(Vibiznews – Economy & Business) Aktivitas bisnis zona Eropa terpukul pada bulan September ketika negara-negara menghadapi gelombang kedua infeksi virus korona, data awal menunjukkan Rabu (23/09).

Indeks komposit PMI (indeks manajer pembelian) zona eropa – yang mengukur manufaktur dan jasa – berada di 50,1, hanya sedikit terdorong ke wilayah ekspansi. Angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi ekonomi. Angka awal terbaru ini menunjukkan aktivitas ekonomi terendah dalam tiga bulan di wilayah tersebut.

Sektor jasa berada dalam kondisi yang sangat mengkhwatirkan, data menunjukkan, dengan aktivitas menyusut bulan ini ke level terendah empat bulan. Manufaktur di zona eropa tetap di wilayah positif dan mencapai level tertinggi dalam 31 bulan.

IHS Markit menyatakan pabrik-pabrik melaporkan bahwa pertumbuhan produksi didukung oleh permintaan yang meningkat, terutama dari pasar ekspor dan pembukaan kembali ritel di banyak negara, tetapi sektor jasa yang lebih besar telah tenggelam khususnya telah dilanda oleh kekhawatiran virus yang meningkat.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa mengatakan per 22 Septrember, ada 2,9 juta infeksi yang dikonfirmasi di wilayah tersebut, dengan Spanyol dan Prancis sekarang mengalami peningkatan kasus harian di atas angka 10.000. Pemerintah telah mengumumkan pembatasan baru untuk mencegah penyebaran virus dan ekonom telah mulai mempertimbangkan konsekuensi ekonomi dari langkah-langkah baru tersebut.

Penurunan tajam aktivitas di industri jasa Prancis tidak sepenuhnya diimbangi oleh output manufaktur. Hal ini menyebabkan indeks keseluruhan untuk Prancis turun untuk pertama kalinya dalam empat bulan, IHS Markit melaporkan, turun menjadi 48,5 pada September dari 51,6 pada Agustus.

Di Jerman, laju pemulihan ekonomi melambat tetapi diimbangi oleh industri manufakturnya. PMI Jerman awal secara keseluruhan muncul di 53,7, dari 54,4 di bulan Agustus.

Data terbaru telah menyebabkan nada hati-hati dari para ekonom tentang bagaimana kinerja ekonomi zona eropa di kuartal mendatang.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here