Hikmah Pandemi Bagi Bursa Efek Indonesia, Digerakkan Oleh 3 Juta Investor

480
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – IDX Stocks) – Kendati mampu menjadi tiang penopang di kala bursa bergoyang, kehadiran investor domestik yang kian dominan tetap patut dicermati.

Pada dasarnya jika situasi pasar dinilai kurang menguntungkan investor asing memang cenderung keluar dari aset berisiko, termasuk saham di negara berkembang seperti Indonesia.

Hal ini terbukti di era pandemi ini investor asing terus deras keluar dan melepas saham-saham di bursa Indonesia, bahkan secara year to date hingga 25 September 2020 asing tercatat telah keluar Rp42,17 triliun.

Di sisi lain, investor lokal hadir sebagai penopang bursa dengan menyerap saham-saham yang dilego asing dan menahan indeks harga saham gabungan (IHSG) tak terperosok terlalu dalam.

Sebagai gambaran, dua pekan lalu atau pada perdagangan Jumat (11/9/2020) asing membukukan net sell mencapai Rp2,26 triliun dalam satu hari. Namun, IHSG tetap mampu melenggang di zona hijau dengan penguatan 2,56 persen.

Dan untuk hari ini, Jumat, 25 September 2020, meskipun investor asing mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp.829.60 miliar dan bila di hitung di sepanjang tahun 2020 ini telah melakukan aksi jual bersih sebesar Rp.42.175 triliun, namun IHSG mampu bergerak naik dan akhirnya ditutup melonjak 2.13% atau 103.03 poin ke level 4945.79.

Berubahnya kebiasaan masyarakat untuk lebih banyak beraktifitas di rumah membuat masyarakat memiliki waktu lebih luang untuk memantau pergerakan saham dan melakukan jual beli sehingga investor domestik terpantau kian aktif di bursa.

Seperti kita ketahui PT Bursa Efek Indonesia (BEI)  melaporkan jumlah investor pasar modal Indonesia yang tercatat pada PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Juli 2020, yang terdiri atas investor saham, reksa dana, dan obligasi telah bertumbuh sebesar 22 persen dari tahun 2019 lalu, menjadi 3,02 juta investor. Dan dari jumlah tersebut, 42 persen di antaranya merupakan investor saham.

Kondisi pandemi Covid-19 ternyata tidak menyurutkan minat investor untuk bertransaksi saham.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here