Bursa Eropa Rebound Terdukung Kenaikan Saham Perbankan

226

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa rebound pada Senin (28/09), berusaha pulih dari kekhawatiran kenaikan dalam kasus virus corona dan dukungan penguatan saham perbankan.

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 1,5% pada awal perdagangan, dengan bank-bank melonjak 4% memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE menguat 1,3%. Indeks DAX melonjak 2,67%. Indeks CAC melompat 1,95%.

Indeks blue-chip Eropa telah ditutup 3,7% lebih rendah untuk minggu ini pada hari Jumat setelah sesi berombak, dengan pasar global bergolak oleh kebangkitan kasus virus korona di benua itu dan lebih jauh.

AS telah melihat peningkatan dalam kasus harian menjelang debat presiden pertama hari Selasa antara Presiden AS Donald Trump dan kandidat Demokrat Joe Biden.

Di Eropa, pejabat pembuat kebijakan Bank of England Silvana Tenreyro mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan selama akhir pekan bahwa penyelidikan bank sentral apakah suku bunga negatif dapat membantu pemulihan ekonomi Inggris telah membuahkan hasil yang menggembirakan.

Dalam berita korporat, CEO Daimler Dieter Zetsche mengumumkan pada akhir pekan lalu bahwa ia akan melepaskan perannya sebagai ketua pembuat mobil Jerman, dengan investor sekarang meminta sosok independen untuk memimpin dewan pengawas.

Commerzbank telah menunjuk Manfred Knof, sebelumnya kepala perbankan ritel Jerman di Deutsche Bank, sebagai CEO barunya. Knof akan menggantikan Martin Zielke, yang mengundurkan diri pada Juli bersama dengan ketua Stefan Schmittmann menyusul tekanan dari aktivis investor.

Siemens Energy memulai debutnya di bursa saham Frankfurt Senin menyusul spin-off dari raksasa teknologi Siemens.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde dijadwalkan tampil di hadapan Komite Urusan Ekonomi dan Moneter pada pukul 3:45 sore. CEST.

Saham HSBC melonjak 8,4% pada tengah pagi setelah Ping An Insurance China mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan kepemilikannya di pemberi pinjaman terbesar di Eropa.

Reuters melaporkan Minggu, mengutip sumber, bahwa raksasa baja Luksemburg ArcelorMittal sedang dalam pembicaraan untuk menggabungkan aset AS dengan Cleveland-Cliffs, produsen pelet bijih besi terbesar di saham ArcelorMittal AS menguat 9,2% pada tengah pagi.

Reli meluas di seluruh sektor perbankan, dengan Deutsche Bank, Standard Chartered dan Commerzbank semuanya naik lebih dari 5%.

Produsen alat bantu dengar Swiss Sonova naik 12,7% untuk memimpin Stoxx 600 setelah menaikkan panduannya, sementara saingan Denmark Demant naik 9,5%.

Di bagian bawah patokan Eropa, produsen mesin pesawat Rolls-Royce turun 5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa akan bergerak positif terdukung kenaikan saham-saham perbankan, juga upaya bargain hunting setelah bursa Eropa melemah di akhir pekan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here