Rekomendasi Harga Minyak 28 September – 2 Oktober 2020: Indikator Masih “Bearish”

236

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak WTI pada perdagangan hari Jumat minggu lalu bervariasi dengan harga bergerak “sideways” sampai akhir minggu. Optimisme yang disebabkan karena keputusan dari OPEC+ dan JMCC untuk tetap mempertahankan level produksi pada tingkat sekarang sampai bulan Desember nanti, telah mereda. Keputusan tersebut diambil karena berkelanjutannya isu mengenai pandemik Covid – 19.

Baru-baru ini data terbaru dari penyulingan minyak AS dirilis namun relatif tidak bergerak di dalam rentang median belakangan ini dan tidak memiliki dampak mayor terhadap harga saat ini.

Outlook dari permintaan minyak tetap tertekan dengan prospek dari restriksi baru terus meningkat. Kekuatiran akan gelombang kedua dari virus corona semakin menguasai pasar dengan semakin meningkatnya kasus infeksi terutama di Eropa dengan Jerman melaporkan 2.321 infeksi baru, angka yang tertinggi selama 5 bulan. Tema utama di pasar  saat-saat ini adalah keengganan terhadap resiko ditengah rekor penularan coronavirus yang baru di Eropa. Benua Eropa sedang dalam gelombang kedua dari virus corona dengan restriksi baru diumumkan di Perancis, Spanyol dan Inggris. Pandemi ini terus memukul kemajuan dari ekonomi dengan melemahnya angka-angka makro ekonomi yang menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi akan memakan waktu lebih lama daripada yang semula diperkirakan. Pemulihan permintaan minyak menjadi melambat dengan kembali diadakannya restriksi di sejumlah negara. Menurunnya jumlah penyulingan minyak dan kemungkinan terjadinya badai di Amerika Serikat tidak mampu menaikkan optimisme akan naiknya harga minyak kedepannya.

Minyak WTI sempat bertahan dalam keuntungannya dekat $40.50 sekalipun turun secara mingguan. Setelah naik dari ke rendahan $36.43 per barel, pada jam perdagangan terakhir WTI tertekan turun kembali karena naiknya dolar AS. Harga minyak WTI sekarang stabil di $40 per barel.

Penurunan harga minyak akan berhadapan dengan “support” terdekat di $39.39 dan “resistance” terdekat di $40.58. Apabila berhasil dilewati maka akan berhadapan dengan “support” berikutnya di 38.73 dan kemudian $38.26. Dan “resistance” berikutnya di $41.19  dan kemudian  $41.95.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here