Barito Pacific Siap Buyback Saham, BRPT Telah Anjlok 42.44% Dalam Tiga Bulan Terakhir

541

(Vibiznews – IDX Stocks) – Pemilik saham BRPT, PT Barito Pacific Tbk bersiap melakukan pembelian kembali (buyback) saham. BRPT menyiapkan dana Rp 1 triliun untuk buyback saham ini.

Dalam keterbukaan informasi, Senin (28/9), periode pembelian kembali saham BRPT antara 29 September 2020 sampai 29 Desember 2020.

Sedangkan jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 2% dari jumlah modal yang ditempatkan BRPT.

Sementara melihat pergerakan saham BRPT hari ini dimulai dengan naiknya harga jual saat awal pembukaan pasar, naik tipis menjadi Rp.705 dari penutupannya kemarin di harga Rp.700 per lembar. Namun kemudian bergerak turun dan ditutup hari ini di harga Rp.685, anjlok 2.14% atau 15 poin dan untuk tiga bulan terakhir sudah anjlok 42.44 persen.

Menurut manajemen BRPT, pelaksanaan buyback saham ini tidak akan memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap kinerja dan pendapatan BRPT. Sebab, saldo laba dan arus kas BRPT yang tersedia saat ini mencukupi kebutuhan dana untuk melakukan buyback saham.

BRPT telah menunjuk PT Henan Putihrai untuk melakukan buyback saham melelui perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 29 September 2020-29 Desember 2020.

BRPT berencana menyimpan saham yang telah dibeli kembali untuk dikuasai sebagai treasury stock dengan jangka waktu tidak lebih dari 3 tahun sejak berakhirnya pembelian kembali saham.

Kelak, BRPT bisa sewaktu-waktu mengalihkan saham yang telah dibeli kembali tersebut dengan cara dijual melalui bursa efek maupun di luar bursa efek, ditarik kembali dengan cara pengurangan modal.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here