Harga Kakao Pada Awal Minggu Mixed

150

(Vibiznews – Commodity) – Harga kakao pada penutupan pasar hari Senin mixed, harga kakao di New York naik karena masalah politik di Ivory Coast, sedangkan harga kakao di London turun karena menguatnya GBP/USD sehingga membuat harga kakao turun.

Harga kakao Desember di ICE New York pada penutupan hari Senin naik $19 (0.74%) menjadi $2,587 per ton, sedangkan harga kakao Desember di ICE London turun 0.86%.

Harga kakao meningkat  pada bulan ini, dan sempat naik ke tertinggi 6 ½ bulan tertinggi pada awal September  karena adanya kerusuhan di Ivory Coast pada hari Senin lalu, kerusuhan terjadi menjelang pemilihan Presiden 31 Oktober, yang akan mengakibatkan pengiriman kakao menjadi sulit. Pemerintah Ivory Coast melarang demonstrasi sampai 30 September untuk supaya terjadi keamanan.

Pemerintah di Ivory Coast pada hari Senin melaporkan bahwa petani telah mengirimkan 5,910 MT kakao ke pelabuhan selama 21 September sampai 27 September naik hampir  tiga kali lipat dari tahun lalu, sehingga total kumulatif sebesar 2.30 MMT selama Oktober sampai 27 September naik 6.5% dari tahun lalu.

Hasil dari pengamatan ICE bahwa persediaan turun pada 4 bulan terakhir mencapai persediaan terendah 7 bulan pada hari Kamis lalu.

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama di $2,530 dan berikut ke $2,500 sedangkan resistant pertama di $2,610 dan berikut ke $2,650.

Loni T / analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here