Kospi Sebelum Libur Panjang Cetak Gain 3 Hari Berturut

288

(Vibiznews – Indeks) – Mengakhiri perdagangan saham pekan ini dengan cepat, bursa Korea Selatan hari Selasa (29/9/2020) ditutup lebih tinggi untuk sesi ketiga berturut-turut,  yang mendapat support dari  keuntungan saham teknologi di bursa AS semalam. Indeks Kospi menanjak ke posisi tertinggi sepekan ikuti sentimen positif bursa Asia lainnya terkait optimis paket stimulus covid-19 AS.

Sementara itu, otoritas kesehatan tetap waspada ketika negara tersebut yang akan memulai hari libur nasional besar pertamanya di tengah pandemi COVID-19. Negara itu menambahkan 38 kasus virus baru pada hari Selasa, kenaikan harian terendah sejak 11 Agustus.

Di sisi data, data produksi industri di Korea Selatan berkontraksi 3,0% tahun ke tahun di bulan Agustus, sementara penjualan ritel naik 0,3%, paling sedikit di empat bulan. Indeks Survei Bisnis membukukan pembacaan tertinggi sejak Januari, naik menjadi 68, sementara output konstruksi turun 9,4% tahun-ke-tahun di bulan Agustus, mencatat penurunan output konstruksi terbesar dalam delapan belas bulan.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) harian ditutup naik 21,34 poin atau 0,92% lebih tinggi ke posisi  2.329,42. Untuk indeks Kospi200 berjangka naik 2,46 poin atau 0,78% ke posisi 309.44, setelah sempat  turun ke posisi rendah di 308.52  dan naik ke posisi tertinggi  311.34.

Saham-saham kapital besar pendukung kekuatan Kopsi seperti saham Samsung Electronics ditutup datar, saham  pembuat chip No. 2 SK hynix naik 1,82 persen, saham Samsung Biologics naik 0,73 persen, saham Celltrion melonjak 0,98 persen, saham LG Chem melonjak 4,47 persen, saham pembuat baterai isi ulang Samsung SDI naik 2,97 persen dan saham Hyundai Motor, produsen mobil terbesar di negara itu, naik 1,71 persen.

Selama 3 hari perdagangan berikutnya bursa Korea Selatan tutup oleh libur publik nasional hingga akhir pekan. Kospi akan diperdagangkan kembali pada perdagangan awal pekan depan.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here