Bursa Eropa Turun Pasca Debat Kandidat Presiden AS

323

(Vibiznews – Index) Saham Eropa bergerak lemah pada hari Rabu (30/09) setelah debat pertama kandidat Presiden AS dan mencermati perkembangan krisis virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,3%, dengan utilitas bertambah 0,4% sementara sektor perjalanan dan rekreasi turun 1,1%.

Indeks FTSE turun -0,14%. Indeks DAX merosot -0,62%. Indeks CAC melemah -0,48%.

Debat kepresidenan AS yang pertama antara Presiden petahana Donald Trump dan calon dari Partai Demokrat Joe Biden membebani sentimen bursa Eropa, dengan keduanya bertukar komentar tajam.

Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde pada hari Rabu mengisyaratkan perubahan pada target inflasi bank, karena bank sedang menjalani tinjauan kebijakan sambil mencoba menopang pemulihan ekonomi blok tersebut.

Sementara itu, dalam perkembangan virus Corona, Regeneron mengatakan obat REGN-COV2 miliknya menurunkan kadar virus dan memperbaiki gejala pada pasien virus corona yang tidak dirawat di rumah sakit.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, Suez naik 5,1% pada perdagangan sore hari setelah Veolia menaikkan tawarannya untuk saham di perusahaan utilitas Prancis menjadi $ 4 miliar.

Di ujung lain dari indeks blue-chip Eropa, saham TP Icap jatuh lebih dari 15,8% setelah perusahaan perantara Inggris itu mengumumkan bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan untuk membeli jaringan perdagangan Liquidnet.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi lemah mencerna debat pertama kandidat Presiden AS dan perkembangan pandemi virus corona yang masih berlangsung.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here