Mnuchin Berharap Stimulus Virus Corona AS Terwujud

295

(Vibiznews – Economy & Business) Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan akan berbicara lagi dengan Ketua DPR AS Nancy Pelosi tentang stimulus virus corona pada hari Rabu dan berharap tercapai kesepakatan.

Mnuchin seperti yang dilansir CNBC mengatakan akan memberikan satu upaya lagi yang serius untuk menyelesaikan kesepakatan tersebut.

Menteri Keuangan menambahkan bahwa dia bertujuan untuk menemukan kesepahaman dengan Pelosi tentang paket bantuan yang luas pada hari Kamis.

Pemerintahan Presiden Trump dan para pemimpin Demokrat belum mencapai kesepakatan tentang apa yang harus dimasukkan dalam paket bantuan virus corona kelima karena wabah menekan mata pencaharian masyarakat Amerika. Sebelum Mnuchin dan Pelosi memperbarui pembicaraan dalam beberapa hari terakhir, keraguan telah tumbuh tentang kemampuan Kongres untuk memberikan bantuan baru sebelum pemilihan 3 November.

Baik Menteri Keuangan maupun Ketua DPR terdengar lebih optimis tentang kemajuan Rabu daripada yang mereka capai dalam beberapa pekan terakhir.

Mnuchin mengatakan pihaknya telah menemukan konsensus tentang beberapa masalah utama. Itu termasuk pinjaman usaha kecil, pendanaan untuk sekolah, pembayaran langsung kepada individu, bantuan maskapai penerbangan dan kredit pajak retensi karyawan.

Dia mengatakan Gedung Putih masih akan mendorong perlindungan tanggung jawab untuk bisnis dan sekolah – ketentuan yang sebelumnya ditentang oleh Partai Demokrat. Sementara Mnuchin menambahkan bahwa pemerintahan Trump mendukung beberapa bantuan baru untuk pemerintah negara bagian dan lokal.

Tentu saja, kesepakatan apa pun yang dicapai Gedung Putih dan Demokrat juga harus melalui Senat yang dikuasai Partai Republik.

Mnuchin mengatakan dia dan kepala staf Gedung Putih Mark Meadows berbicara dengan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell dan Pemimpin Minoritas DPR Kevin McCarthy pada hari Selasa untuk memperbarui pembicaraan tersebut.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here