Bursa Eropa Positif Mengikuti Wall Street dan Penguatan Manufaktur

314
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Kamis (01/10), mengikuti kenaikan di Wall Street, dengan data ekonomi dan pendapatan perusahaan sebagai fokus.

Indeks Stoxx 600 naik 0,4% pada awal perdagangan, dengan saham ritel bertambah 1,9% sementara saham perjalanan dan rekreasi turun 1,1%.

Indeks FTSE menguat 0,88%. Indeks DAX naik 0,10%. Indeks CAC bertambah 0,60%.

Suasana di Eropa mengikuti tren di AS, di mana saham berjangka naik karena investor bersiap untuk memulai kuartal keempat dengan harapan stimulus fiskal.

Pada hari Rabu, Indeks Dow Jones Industrial Average naik lebih dari 300 poin di tengah harapan Gedung Putih dan Senat akan menyetujui paket stimulus kedua. Namun pemungutan suara ditunda, setelah Ketua DPR Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin gagal mencapai kesepakatan bantuan virus corona, meskipun keduanya mengatakan pembicaraan akan dilanjutkan.

Pandemi terus mendominasi sentimen investor dengan berita tentang potensi vaksin virus corona terus diikuti. CEO produsen obat Moderna mengatakan dia tidak berharap untuk mengajukan otorisasi penggunaan darurat dengan Food and Drug Administration untuk vaksin Covid-19 potensial perusahaan sampai setelah pemilihan presiden AS pada 3 November.

Berbicara kepada Financial Times, CEO Stephane Bancel berkata: “25 November adalah waktu yang tepat bagi kami untuk memiliki cukup data keamanan untuk dapat dimasukkan ke dalam file EUA (otorisasi penggunaan darurat) yang akan kami kirimkan ke FDA – dengan asumsi bahwa data keamanan itu baik, yaitu vaksin dianggap aman. “

Sementara itu, Italia memperpanjang keadaan daruratnya hingga Januari, sementara Inggris akan memperpanjang pembatasan lokal di Inggris utara sebagai tanggapan atas lonjakan kasus virus corona baru-baru ini.

Data Eropa juga menjadi fokus Kamis. Pembacaan PMI manufaktur (indeks manajer pembelian) akhir September untuk zona euro sejalan dengan perkiraan di 53,7, menunjukkan pemulihan berkelanjutan untuk aktivitas pabrik, sebagian besar didorong oleh pembangkit tenaga listrik industri Jerman.

Sementara tingkat pengangguran zona euro Agustus naik 0,1% bulan ke bulan menjadi 8,1%.

Uni Eropa pada hari Kamis memulai tindakan hukum terhadap Inggris setelah anggota parlemen Inggris menyetujui rencana untuk mengesampingkan Perjanjian Penarikan Brexit meskipun ada pengakuan dari beberapa menteri kabinet bahwa langkah tersebut akan melanggar hukum internasional.

Penghasilan adalah pendorong utama pergerakan harga saham individu pada Kamis pagi, dengan pengecer Swedia H&M keduanya naik 7,8% pada larut pagi setelah mengalahkan perkiraan kuartal ketiga. Pembuat chip Prancis-Italia STMicro bertambah 5,9% setelah hasil yang optimis, yang juga mengirim saingan Jerman Infineon 7% lebih tinggi.

Di bagian bawah indeks blue-chip Eropa, saham Bayer jatuh lebih dari 10,5% setelah raksasa farmasi Jerman itu mengumumkan pemotongan biaya lebih lanjut dan biaya penurunan nilai, merevisi turun panduannya.

Rolls-Royce turun 8,5% setelah produsen mesin pesawat mengumumkan rencana untuk mengumpulkan $ 6,5 miliar untuk bertahan dari krisis virus corona.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik mengikuti penguatan bursa Wall Street seiring harapan stimulus AS dan kenaikan data manufaktur zona Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here