Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Harapan Stimulus AS

389
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Kamis (08/10) mencermati pembahasan stimulus yang sedang berlangsung di AS.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,6%, dengan saham perjalanan dan rekreasi melonjak 2,4% untuk memimpin kenaikan, sementara sumber daya dasar turun 0,7% lebih rendah.

Indeks FTSE naik 0,64%. Indeks DAX menguat 0,74%. Indeks CAC meningkat 0,55%.

Tren positif di pasar Eropa datang karena indeks saham berjangka AS lebih tinggi sebelum pembukaan Kamis di Wall Street. Ini terjadi setelah Dow pada hari Rabu membukukan hari terbaiknya dalam beberapa bulan karena investor menunggu pembaruan pada diskusi stimulus fiskal yang sedang berlangsung.

Indeks rata-rata utama naik tajam pada hari Rabu setelah Presiden AS Donald Trump men-tweet dukungan untuk bantuan kepada maskapai penerbangan dan langkah-langkah stimulus lainnya, memicu harapan bahwa paket bantuan yang lebih kecil dapat disahkan oleh anggota parlemen.

Di sisi data, ekspor Jerman naik untuk empat bulan berturut-turut, tumbuh 2,4% pada Agustus setelah kenaikan 4,7% pada Juli, menurut angka yang dirilis Kamis oleh Kantor Statistik Federal.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, produsen mesin pesawat Rolls-Royce menguat lebih dari 26% untuk memimpin Stoxx 600 pada perdagangan sore, sementara induk British Airways IAG melonjak 10%.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, platform investasi Inggris Hargreaves Lansdown turun lebih dari 4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik terpicu harapan positif stimulus AS setelah Presiden AS Donald Trump mendesak untuk diberikannya bantuan bagi maskapai penerbangan dan usaha kecil.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here