Sentimen Ekonomi Oktober Jerman Merosot

182

(Vibiznews – Economy & Business) Harapan ekonomi Jerman telah anjlok pada Oktober setelah naik dalam dua bulan terakhir, demikian laporan lembaga penelitian ekonomi ZEW pada hari Selasa (13/10).

Ukuran ekspektasi ekonomi turun menjadi 56,1 pada Oktober dari 77,4 pada September, kata lembaga itu. Hasilnya jauh di bawah perkiraan ekonom 74,0 poin dalam survei oleh The Wall Street Journal.

Namun, penilaian situasi ekonomi saat ini di Jerman telah membaik, naik menjadi minus 59,5 pada Oktober dari minus 66,2 pada September, kata lembaga ZEW. Bacaan ini lebih baik dari perkiraan ekonom minus 72.0 poin.

Meskipun indikator sentimen ekonomi ZEW masih berada di wilayah positif, namun euforia besar yang disaksikan pada Agustus dan September tampaknya telah mereda kata Achim Wambach, presiden lembaga ZEW.

Wambach mengatakan kenaikan tajam baru-baru ini dalam jumlah kasus virus corona telah meningkatkan ketidakpastian tentang perkembangan ekonomi di masa depan, begitu pula prospek Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan perdagangan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here