Apple Luncurkan iPhone 12 dengan Konektivitas 5G

110

(Vibiznews – Technology) Apple pada hari Selasa meluncurkan iPhone 12, dengan konektivitas 5G yang lebih cepat.

Diinformasikan iPhone 12 dengan layar 6,1 inci, akan dijual seharga $ 799, sedangkan versi ‘Mini’ dengan layar 5,4 inci akan sedikit lebih murah dengan harga $ 699. Versi ‘Pro’ dengan tiga kamera dan sensor ‘lidar’ 3-D baru mulai dari $ 999, dengan ‘Pro Max’ terbesar mulai dari $ 1.099 dan naik menjadi $ 1.399.

Produk baru ini akan menguji apakah Apple dapat mengatasi semangat konsumen di sekitar jaringan data nirkabel 5G, yang varian tercepatnya melampaui kecepatan data pendahulunya beberapa kali lipat.

Tetapi apakah pembeli iPhone melihat peningkatan kecepatan yang dramatis akan sangat bergantung pada di mana mereka berada dan operator mana yang mereka gunakan.

Apple mengatakan semua model iPhone 12 di Amerika Serikat akan mendukung gelombang milimeter 5G, varian tercepat dari teknologi tersebut, serta pita frekuensi rendah.

Namun di luar Amerika Serikat, iPhone akan kekurangan kompatibilitas gelombang milimeter, bahkan di negara-negara seperti Australia dan Korea Selatan di mana operator berencana untuk meluncurkan versi teknologi gelombang milimeter. Seperti beberapa perangkat Android yang lebih murah, model iPhone 12 di negara-negara tersebut hanya akan mendukung versi 5G dengan frekuensi lebih rendah.

Apple mengatakan telah menguji 5G di lebih dari 800 operator di 30 wilayah secara global. CEO Verizon Communications Inc Hans Vestberg muncul di presentasi live streaming Apple untuk mengumumkan bahwa ponsel akan bekerja dengan jaringan 5G ‘ultrawideband’ milik operator AS, yang dirancang untuk mengurangi kemacetan di kota-kota besar seperti New York dan Los Angeles, serta di daerah padat seperti NFL stadion.

Perangkat akan tiba sekitar sebulan lebih lambat dari biasanya untuk peluncuran tahunan Apple. Praorder untuk iPhone 12 dan iPhone 12 Pro di Amerika Serikat, Inggris, China, dan beberapa negara lain mulai 16 Oktober dan pengiriman mulai 23 Oktober. IPhone Mini dan Pro Max akan tersedia untuk praorder 6 November dan di toko-toko 13 November.

Apple juga mengumumkan speaker pintar HomePod Mini seharga $ 99 dan dikirim mulai 16 November.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here