SKDU Triwulan III: Kegiatan Dunia Usaha Membaik; Sejalan Penerapan AKB

163
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) – Bank Indonesia (BI) merilis hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan bahwa kegiatan dunia usaha membaik pada triwulan III 2020. Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada triwulan III 2020 sebesar -5,97%, membaik dari -35,75% pada triwulan II 2020.

Perbaikan kegiatan usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi. Perbaikan pada sektor Industri Pengolahan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, sektor Pengangkutan & Komunikasi dan sektor Keuangan, Real Estate & Jasa Perusahaan didukung oleh penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di berbagai wilayah. Sementara itu, perbaikan pada sektor Pertanian, Kehutanan & Perikanan didukung oleh cuaca, demikian menurut catatan resmi Departemen Komunikasi Bank Indonesia kepada media, Rabu ini (14/10).

“Sejalan dengan kinerja kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan III 2020 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas juga menunjukkan perbaikan pada triwulan III 2020, dengan akses kredit yang membaik,” demikian penjelasan Onny Widjanarko, Direktur Eksekutif Bank Indonesia.

 

Sumber: BI, 14-10-2020

Pada triwulan IV 2020, responden memprakirakan kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif dengan SBT sebesar 2,12%. Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan terjadi pada mayoritas sektor ekonomi, terutama sektor Keuangan, sektor Real Estate & Jasa Perusahaan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, dan sektor Pengangkutan & Komunikasi. Kegiatan usaha yang makin kuat pada triwulan IV 2020 sejalan dengan optimisme penerapan AKB yang dapat mendorong permintaan masyarakat.

Analis Vibiz Research Center melihat kenaikan signifikan nilai SBT dari Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) triwulan III 2020 ini sebagai keberhasilan pemerintah dan segenap masyarakat dalam mendukung fase new normal -atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)- di tengah pandemi COVID-19 ini. Ini nampaknya menambah optimisme yang kuat di kalangan dunia usaha, sehingga terlihat dari survei responden yang memprakirakan kenaikan ke level positif ekspansi pada triwulan IV nanti, sejalan dengan berlanjutnya fase new normal pada daerah-daerah yang sudah memungkinkan. Kita berharap pemulihan dunia usaha yang cepat di negeri kita.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here