Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Terbantu Bargain Hunting

354
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa menguat pada Jumat (16/10) bangkit kembali dari kerugian tajam di sesi sebelumnya, dengan penyebaran virus corona masih menjadi perhatian.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,8% pada perdagangan tengah pagi, dengan otomotif melonjak 2,5% memimpin kenaikan sementara telekomunikasi melawan tren naik turun 0,5%.

Indeks FTSE dan Indeks DAX menguat sekitar 1%. Indeks CAC meningkat 1,6%.

Dengan negara-negara di seluruh Eropa memberlakukan kembali pembatasan sosial di tengah lonjakan kasus Covid-19 dan harapan menyusut atas kesepakatan stimulus AS, pasar merosot pada Kamis.

Presiden AS Donald Trump menyarankan pada hari Kamis bahwa dia siap untuk menaikkan paket $ 1,8 triliun dalam upaya untuk mendapatkan persetujuan dari Kongres Demokrat, tetapi saran itu ditolak oleh Pemimpin Mayoritas Senat Republik Mitch McConnell.

Saham Eropa berlawanan dengan tren di pasar saham Asia, di mana pasar sebagian besar turun karena peningkatan kasus virus corona meredam sentimen.

Kembali ke Eropa, Uni Eropa telah mendesak Inggris untuk menyerah dalam negosiasi atas hubungan perdagangan baru atau menghadapi gangguan perdagangan yang signifikan pada akhir tahun, sebuah langkah yang oleh Inggris disebut “mengecewakan.”

Dalam berita perusahaan, AS telah menawarkan untuk menghapus tarif wiski, anggur, dan produk lain dari Uni Eropa jika Airbus membayar bantuan miliaran dolar kepada pemerintah Eropa, Reuters melaporkan mengutip sumber yang dekat dengan masalah tersebut.

Daimler pada hari Kamis mengalahkan ekspektasi pendapatan kuartal ketiga didukung kuatnya September dan pemulihan industri yang lebih cepat dari perkiraan.

Saham Thyssenkrupp melonjak lebih dari 15% pada awal perdagangan setelah laporan bahwa Liberty Steel dari Inggris sedang mengantre untuk mengambil alih unit baja konglomerat Jerman yang terkepung.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, Getinge turun 9% setelah melaporkan penurunan pesanan ventilator, meskipun laba melonjak pada kuartal ketiga, sementara saham Galapagos turun 8,8% setelah Credit Suisse dan KBC Securities memangkas target harga perusahaan farmasi Belgia ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa berpotensi naik seiring aksi bargain hunting setelah bursa Eropa merosot tajam pada perdagangan kemarin akibat peningkatan kasus virus corona dan memudarnya harapan stimulus AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here