Rekomendasi Harga Minyak 19 – 23 Oktober 2020: Berhasil Naik Kembali Kearah $41.00

238

(Vibiznews – Commodity) Minggu lalu, pada hari Kamis, harga minyak WTI turun tajam dari ketinggian di $41.26 ke terendah di $39.66 karena meningkatnya kekuatiran akan dilakukannya langkah-langkah restriksi baru dengan naiknya kasus baru Covid – 19 di Eropa bisa secara signifikan mengurangi permintaan di daerah tersebut. Selain itu menguatnya dolar AS karena munculnya kembali keengganan terhadap resiko menambah penurunan harga minyak. Namun harga minyak WTI bangkit dengan kuat pada perdagangan sesi Amerika Serikat hari Kamis dan mencapai kembali batas $41 setelah EIA melaporkan penurunan tajam dalam inventori minyak mentah AS karena penutupan produksi akibat topan yang datang melanda.

Pada hari Jumat, harga minyak benchmark Amerika Serikat, WTI, turun dari ketinggiannya di $41 setelah Baker Hughes melaporkan kenaikan dalam penyulingan minyak untuk ke lima kalinya berturut-turut. Namun harga minyak WTI akhirnya berhasil naik kembali dari kerendahannya di $40.04 kembali ke $40.99 karena sempat berbalik turunnya dolar AS.

Menurut laporan terbaru dari Baker Hughes, penyulingan minyak AS telah menambahkan 12 penyulingan minyak baru pada minggu yang berakhir tanggal 16 Oktober, menambah jumlah penyulingan minyak menjadi 205, membukukan penambahan terbesar sejak bulan Januari.

Penyulingan minyak dan gas AS telah bertambah untuk ke lima kalinya berturut-turut di Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa harga minyak sudah mulai stabil disekitar $40 pada bulan-bulan terakhir, dimana hal ini memberikan semangat bagi para pengebor minyak untuk menambah pengeboran mereka.

Apabila harga minyak berhasil menembus batas $41.01, maka akan bisa lanjut ke $42.00 sebelum akhirnya mencapai $42.81. Sebaliknya apabila tidak berhasil menembus $41.01, maka harga minyak WTI akan berbalik turun ke $39.95 yang apabila berhasil dilewati akan bisa lanjut turun ke $38.71 sebelum akhirnya mencapai $37.90.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here