Harga Karet Tocom Pekan Ini Melompat Sangat Tinggi, Naik 15,70%

1929

(Vibiznews – Commodity) – Pasar karet global di beberapa bursa komoditas internasional sedang ramai diperdagangkan sepanjang pekan ini, terlihat dari lompatan harga yang sangat signifikan dibandingkan pekan sebelumnya. Salah satunya karet Tocom di bursa  Osaka-Jepang, harganya melompat hingga 15,70% sepekan dan pada perdagangan hari Jumat (22/10/2020) masih berada di posisi tertinggi 3 tahun lebih. 

Lompatan harga juga terlihat pada perdagangan karet di bursa Singapura-Sicom yang rally sepanjang pekan hingga mencapai posisi tertinggi sepanjang tahun ini. Demikian juga dengan perdagangan karet di bursa Shanghai-SHFE bergerak rally sepanjang pekan ini dengan lompatan harga signifikan.

Masih kuatnya sentimen positif di pasar karet ini disebabkan oleh ekspektasi meningkatnya permintaan global dan berkurangnya pasokan di negara produsen karet dunia. Seperti di Thailand, pasokan terganggu oleh cuaca yang buruk dan hama serta  konflik politik yang ada di negeri tersebut.

Dari sisi demand global, Asosiasi Produsen Karet Dunia beranggotakan 13 negara (ANRPC) memperkirakan China  akan mengonsumsi 1,38 juta ton karet pada kuartal keempat tahun 2020 dan mengimpor 1,6% lebih banyak karet pada tahun 2020 dibandingkan dengan total volume impor pada tahun sebelumnya. Hal yang sama juga terjadi pada impor India sebagai konsumen terbesar kedua.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Maret 2021 akhir perdagangan sesi sore ditutup menguat 12,3 yen atau 5,60% ke posisi 232.1 yen per kg, tertinggi sejak 6 September 2017. Sempat bergerak lemah ke posisi 220,4 setelah dibuka pada  posisi 221,4.

Untuk harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Januari 2021 ditutup naik US$1,3 atau 0,80% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 163,6, tertinggi sepanjang tahun. Di bursa Shanghai (SHFE),  harga karet kontrak bulan Januari 2021 menguat 30 poin atau 0,1% ke posisi 14840 yuan. 

Pergerakan kuat harga karet pada hari ini juga disupport dari pasar minyak mentah dunia dengan posisi harga yang menguat selama 2 hari berturut. Namun untuk karet Tocom, lompatan harga menghiraukan posisi yen Jepang yang sedang menguat terhadap dolar AS.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here