Pemulihan Properti Terlihat di Kuartal III; Kabar Vaksin Beri Sentimen Positif

303
Sumber: Kementerian PUPR

(Vibiznews – Property) – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Real Estate Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida mengatakan, pemulihan sektor properti sudah semakin terlihat, sebagaimana data penjualan di kuartal III-2020 yang melonjak. Menurutnya, hal tersebut tercermin dari penjualan perumahan Summarecon dan Ciputra yang laku keras.

Berbicara dalam webinar Property Fiesta Virtual Expo 2020, Selasa (27/10), Paulus menjelaskan: “Trennya meningkat, bahkan lebih dari sebelum adanya PSBB, naik berlipat-lipat, di atas 100 persen.” Selain itu, ditambahkannya bahwa investor asing sudah melakukan persiapan untuk membuka perumahan baru di Indonesia. Salah satunya di wilayah Tangerang Selatan dengan luas lahan sekitar 2.000 hektar. “Mereka optimis dengan kondisi yang ada,” jelas Paulus kepada peserta webinar dan media (27/10).

Ketua Umum DPP REI ini juga meyakini bahwa perkembangan temuan vaksin di Indonesia sangat mempengaruhi penjualan di sektor properti. Menurutnya, progres pengembangan vaksin buatan dalam negeri, maupun kerja sama dengan negara lain, menjadi salah satu yang diperhatikan pasar properti. Progres vaksin yang baik membuat sektor properti mulai pulih di kuartal III-2020.

Tren pemulihan ini akan berlanjut di kuartal IV-2020, kata Paulus, sebab pasar terus melihat perkembangan vaksin Covid-19 di Indonesia yang memang dikabarkan memiliki progres yang baik.

Analis Vibiz Research Center melihat bahwa secara umum para pelaku industri properti, baik domestic maupun global, menantikan datangnya fase pemulihan ekonomi. Ini disebabkan typical dari industri ini yang searah dengan siklus ekonomi dan banyak berbasis interaksi kontak. Dan yang paling ditunggu dewasa ini adalah tersedianya vaksin dan pengobatan yang teruji terhadap virus corona ini. Itu sebabnya, dapat dipahami, perkembangan yang baik atas penyediaan vaksin Covid-19 dari pemerintah direspon positif oleh pihak pengembang dan konsumen properti, terutama untuk sektor rumah tapak dan residensial pada umumnya.

Pemerintah diketahui sedang dalam proses pembelian vaksin dari tiga perusahaan produsen vaksin Covid-19 luar negeri, yakni Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac. Di samping itu, pemerintah sedang mengupayakan vaksin produksi dalam negeri yang dinamai dengan Vaksin Merah Putih. Dengan adanya berita-berita positif ini, terlihatlah sektor properti mulai menggeliat pada kuartal III ini. Diyakini ini akan berlanjut pada kuartal-kuartal berikutnya.

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here