Harga Kakao Turun ke Harga Terendah 1 1/2 Minggu

193

Vibiznews – Commodity) – Harga kakao pada penutupan hari Rabu turun ke terendah 1 ½ minggu karena lockdown berlangsung lagi di Eropa karena gelombang kedua pandemic covid -19 sehingga permintaan kakao turun.

Harga kakao Desember di ICE New York  turun $76 (3.10%)  menjadi $2,376 perton, dan Harga kakao Desember di ICE London turun 2.62%.

Perdana Menteri Jerman Merkel pada hari Rabu meminta bar dan restoran di Jerman ditutup sebulan untuk mencegah penyebaran Covid -19, dan Presiden Perancis Macron juga melakukan lockdown satu  bulan mulai minggu ini, di Itali pada hari Minggu mengumumkan jam buka yang terbatas dari bar dan restoran, namun gyms dan tempat judi ditutup sampai 24 Nopember. Pada hari Minggu Spanyol juga mengumumkan negara dalam keadaan darurat dan melakukan jam malam jam 11 malam sampai jam 6 pagi. Di London dilarang saling berkunjung antar rumah tangga. Demikian juga di AS permintaan coklat turun selama liburan Halloween.

Persediaan kakao di Ivory Coast melimpah sehingga membuat harga turun, Pemerintah Ivory Coast melaporkan pada hari Senin petani Ivory Coast mengirim 325,523 MT ke pelabuhan dari 1 – 25 Oktober naik 14.2% dari tahun lalu.

Pada hari Senin harga kakao di New York sempat naik ke harga tertinggi 3 minggu dan harga kakao di London naik ke tertinggi 2 minggu, karena sebentar lagi ada pemilihan Presiden pada hari Sabtu ini,  Protes dari rakyat dilarang sampai tanggal 1 Nopember.

The Cocoa Association of Asia melaporkan hari Jumat minggu lalu bahwa kakao yang digiling pada kuartal ke tiga di Asia turun 10% dari tahun lalu, menjadi 202,665 MT, lebih kecil 4.3% dari perkiraan.

The National Confectioner Association pada hari Kamis lalu mengatakan bahwa di Amerika Utara kakao yang digiling turun 4$ dari tahun lalu menjadi 118,260 MT terendah dari kuartal ke tiga 12 tahun lalu, namun masih dibawah perkiraan 5% .

The European Cocoa Association melaporkan hari Kamis bahwa kakao yang digiling pada kuartal ke tiga turun 4.7%  dari tahun lalu menjadi $345,739 MT, terendah sejak empat tahun lalu.

The Malaysian Cocoa Board pada hari Selasa lalu melaporkan bahwa kakao yaang digiling di Malaysia turun 16% dari tahun lalu menjadi 76,491 MT, turun untuk tiga kuartal berturut-turut.

Persediaan kakao hasil pengamatan dari ICE turun pada lima bulan terakhir dan sempat turun ke 8 ¼ bulan pada hari Senin.

Analisa tehnikal untuk kakao dengan support pertama $2,420 dan berikut $2,370, sedangkan resistant pertama di $2,510 dan berikut ke $2,530.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here