Kospi 29 Oktober Terendah dalam 4 Pekan, Saham Samsung Biologics Tetap Melonjak

241
indeks kospi
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korea Selatan ditutup lebih rendah pada perdagangan hari Kamis (29/10/2020) oleh aksi jual investor asing dan institusional,  karena wabah kasus baru virus korona  di negara-negara besar terus melonjak pada tingkat yang mengkhawatirkan.  Indeks Kospi turun ke posisi terendah dalam 4 pekan. 

Karena lonjakan kasus baru, Perancis mengumumkan penguncian nasional penuh untuk kedua kalinya tahun ini sementara pejabat Jerman memberlakukan penguncian parsial empat minggu pada hari Rabu.

Dari laporan ekonomi yang dirilis, Indeks Survei Bisnis, yang mengukur kondisi bisnis di sektor manufaktur di Korea Selatan naik menjadi 68 pada Agustus dari 66 pada Juli, membukukan pembacaan tertinggi sejak Januari karena ekonomi terus pulih dari pandemi virus korona.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) harian ditutup turun 18,59 poin atau 0,79 persen  lebih rendah pada 2.326,67, terendah sejak 28 September. Demikian untuk indeks Kospi200 berjangka turun 3,23 poin atau 1,03% ke posisi 309.94, setelah sempat turun ke posisi rendah di 306.63  dan naik ke posisi tertinggi  310.56.

Pemimpin pasar di Kospi, saham Samsung Electronics turun 1,19%, setelah perusahaan mengatakan pihaknya memperkirakan penurunan laba selama tiga bulan ke depan karena permintaan chip memori yang lemah. Namun terdapat saham yang melonjak tinggi seperti saham perusahaan farmasi terkemuka Samsung Biologics naik 9,42 persen  setelah mengumumkan pembukaan pusat penelitian dan pengembangan baru di AS.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here