Harga Gula Turun Karena Hujan Turun di Brazil

356

(Vibiznews – Commodity)  – Harga gula pada penutupan pasar hari Rabu melanjutkan penurunan pada hari Selasa karena hujan turun di perkebunan tebu di Brazil.

Harga gula Maret di ICE New York pada hari Rabu ditutup turun 7 sen (0.48%) menjadi $14.65  dan harga gula putih Desember di ICE London turun 1.26%.

Harga gula kembali turun karena hujan yang dinanti-nantikan turun di area perkebunan tebu di Brazil, menyebabkan tanaman tebu subur dan meningkatkan panen.

Harga gula sempat naik selama 6 minggu dan sempat mencapai tertinggi 8 ¼ bulan pada hari Selasa karena cuaca kering di Brazil membuat hasil panen tebu berkurang akibatnya produksi gula menurun. Hujan telah turun di Brazil tapi tidak merata sehingga kelembabannya dibawah normal. Data dari Somar Meteorologia di Minas Gerais area penanaman kopi  curah hujan 18.9 mm hanya 62% dari rata-rata. Sedangkan Maxar mengatakan area perkebunan tebu di Brazil curah hujannya antara 5% – 25%  pada minggu terakhir sehingga tanaman tebu sangat kering,  ditambah dengan  cuaca La Nina  akan memperpanjang cuaca kering di Brazil.

Harga minyak mentah meningkat pada hari Rabu naik 3%  dan mencapai harga tertinggi satu minggu sehingga meningkatkan harga etanol membuat pabrik penggilingan tebu membuat etanol sehingga produksi gula berkurang , persediaan gula turun.

Pabrik gula di India menunda ekspor karena menunggu subsidi pemerintah. WTO (World Trade Organization) berharap  peraturan resmi untuk subsidi terhadap eksportir gula dikeluarkan pada bulan ini, setelah Brazil dan Australia mendorong WTO mengatakan tentang subsidi ini. Peraturan dari WTO ditunda dari Juli karena pandemic Covid.

Hasil panen tebu di Thailand, negara eksportir gula ke dua terbesar di dunia berkurang karena kekeringan. The Thailand Sugar Mills Corp pada 2 Oktober memperkirakan produksi gula di Thailand di 2020/21 akan turun 13% dari tahun lalu  mencapai produksi terendah 11 tahun di 7.2 MMT karena cuaca kering.

France’s Cristal Union memperkirakan produksi gula bit tahun ini  turun  30% dari tahun lalu karena hama dan kekeringan.

Analisa tehnikal untuk gula dengan support pertama di $14.70 dan berikut ke $14.40 sedangkan resistant pertama di $15.00 dan berikut ke $15.50.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here