Harga Gandum Turun, Karena Progress Penanaman Gandum Musim Dingin Lebih Cepat

473

(Vibiznews – Commodity) – Harga gandum di awal minggu turun, karena cuaca sudah membaik dan hujan turun sehingga terjadi peningkatan dalam  progress penanaman  gandum.

Harga gandum Desember di CBOT turun 4.5 sen menjadi $5.9750 per bushel.

Laporan pengiriman ekspor mingguan USDA untuk gandum sampai 5 Nopember adalah sebesar 304,239 MT. Negara tujuan ekspor yang terbesar adalah Filipina, Taiwan, Jepang dan Mexico.

Untuk laporan persediaan dan permintaan bulanan WASDE yang akan diumumkan hari Selasa diperkirakan persediaan akhir gandum antara 1.6 MMT – 319.9 MMT

Laporan progress pertumbuhan tanaman untuk gandum dari NASS sampai 9 Nopember  penanaman gandum musim dingin naik 4% sehingga yang sudah selesai 93%. Tanaman yang sudah bertumbuh naik 1% menjadi 79% sampai 9 Nopember.

Cuaca di Amerika sudah membaik di sebelah barat Great Plains, hanya di sebelah barat daya Kansas dan tenggara Colorado masih kering tetapi  hujan dan dingin masih diperkirakan akan berlangsung minggu ini. Sebagian dari timur Ukraina dan selatan Rusia sudah turun hujan. Di harapkan sebelah barat Australia akan turun hujan pada minggu ini dan kondisi akan membaik . Daerah pertanian di Canada curah hujannya tidak merata dan suhu di bawah normal.

Ethiopia memesan 600,000 MT gandum  dari pasar Internasional dan Arab Saudi memesan 860,000 MT dari pasar Internasional

Analisa tehnikal untuk gandum dengan support pertama di $5.98 dan berikut ke $5.91 dan resistan pertama sebesar $6.16 dan berikut ke $6.26.

Loni T / Senior Analyst Vibiz Research Centre Division, Vibiz Consulting

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here