Berita Vaksin dan Pilpres AS – Market Mover 11 November 2020

622

(Vibiznews – Market Mover) Pasar global masih menantikan hasil pemilihan Presiden AS, dimana masih dilakukan perhitungan suara dan adanya penyelidikan atas dugaan penyelewengan terkait surat suara di beberapa negara bagian.

Sentimen yang masih terus mempengaruhi pasar global adalah perkembangan pandemi virus corona. Dengan masih berlangsungnya pandemi, bahkan terjadi peningkatan seperti di benua Eropa, maka ekonomi masih terpengaruh perkembangan pandemi vírus corona ini. Begitu juga dengan adanya perkembangan penemuan vaksin vírus corona menjadi perhatian pasar, dimana jika hasil uji coba vaksin tersebut memberikan hasil baik, akan memberikan harapan untuk pandemi vírus corona ini dapat ditekan.

Berita vaksin hari-hari ini akan dapat mnempengaruhi pasar global. Pasar global melonjak pada hari Senin setelah raksasa farmasi AS Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech mengumumkan vaksin virus corona mereka lebih dari 90% efektif dalam mencegah Covid-19 – melebihi harapan para ilmuwan untuk vaksin yang setidaknya 75% efektif.

Sedangkan dari berita ekonomi, beberapa data ekonomi penting diindikasikan meningkat, seperti pertumbuhan ekonomi Q3 Inggris pada Kamis sore dan Zona Eropa pada Jumat sore diindikasikan meningkat. Dari AS, data jobless claim AS pada Kamis malam diindikasikan menurun, juga data Michigan Consumer Sentiment November pada Jumat malam diindikasikan meningkat.

Bagaimana sentimen berita vaksin mempengaruhi pasar global?

Dari pasar Index, harapan hasil memuaskan dari vaksin vírus corona Pfizer dan BioNTech menguatkan bursa saham global, dimana Bursa Wall Street meraih rekor tertinggi dan Bursa Eropa melonjak 4%. Berita positif vaksin virus corona ini akan terus menguatkan Bursa Wall Street, bursa Eropa dan Bursa Asia Pasifik.

Dari pasar Forex, optimisme awal tentang pengujian vaksin virus corona mendorong dolar AS naik terhadap safe haven yen Jepang dan franc Swiss, tetapi momentum ini mulai memudar karena masih ada beberapa kendala kekhawatiran distribusi vaksin tersebut. Poundsterling Inggris naik mendekati level tertinggi dua bulan karena tumbuhnya optimisme bahwa Inggris dan Uni Eropa akan menyetujui kesepakatan perdagangan yang telah lama diupayakan.

Dari pasar komoditas, harga minyak menguat terdukung penurunan pasokan mingguan AS dan harapan penemuan vaksin virus corona. Sedangkan harga emas berpotensi naik seiring pelemahan dolar AS dan kekhawatiran peningkatan virus corona.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here