Bursa Eropa Naik Terbantu Harapan Vaksin Covid-19 dari Pfizer dan BioNTech

454
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada Rabu (11/11), terdukung harapan penemuan vaksin virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,5% pada awal perdagangan, dengan utilitas menambahkan 1,5% untuk memimpin kenaikan sementara bank turun 0,7% setelah rally pada awal minggu.

Indeks FTSE naik 0,56%. Indeks DAX meningkat 0,31%. Indeks CAC menguat 0,37%.

Pasar Eropa mengikuti tren positif yang terlihat awal pekan ini, setelah Pfizer dan BioNTech mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 mereka lebih dari 90% efektif dalam mencegah penyakit.

Pendapatan perusahaan tetap menjadi pendorong utama aksi harga saham individu, dengan perusahaan IT Jerman Bechtle melonjak lebih dari 12% di awal perdagangan didukung oleh hasil kuartal ketiga yang kuat.

Bank Belanda ABN Amro turun 3,7% setelah mengalahkan ekspektasi laba, tetapi kehilangan proyeksi pendapatan bunga bersih dan menawarkan proyeksi kenaikan yang hati-hati.

Bank Nordea turun 4,6% setelah Sampo memangkas sahamnya di pemberi pinjaman Finlandia, sementara Prosus turun lebih dari 5% di tengah kekhawatiran tentang peraturan antitrust China yang lebih kuat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa masih terus bergerak positif terdukung sentimen harapan penemuan vaksin virus corona.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here