Rekomendasi Harga Minyak 11 November 2020: Naik Karena Sentimen Pasar Positip

362

(Vibiznews – Commodity)  Pengumuman dari Pfizer dan BioNTech bahwa uji coba mereka telah efektif 95 % memicu rally yang masif di pasar minyak. Uang cepat segera masuk ke pasar minyak dengan perhitungan harga minyak yang akan datang akan kembali ke normal secara global seperti di tahun 2019. Akibatnya minyak benchmark Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan naik 10% dalam perdagangan intraday, sebelum akhirnya turun sedikit sebagai koreksi normal pada saat penutupan perdagangan.

Harga minyak WTI sempat naik menuju area $41.50 namun tidak berhasil menembus “resistance”  sehingga selanjutnya  turun lagi ke bawah $41.00 sebelum akhirnya berhasil naik lagi ke $41.77.

Realitasnya bisnis penerbangan tidak akan tiba-tiba dengan ajaib kembali ke level seperti enam bulan yang lalu, sekalipun sekiranya sudah ada vaksin ditemukan saat ini. Mesti mengambil ribuan pesawat dari tempat parkir mereka, memperbaiki mereka sehingga bisa dalam kondisi siap terbang, dan menyiapkan awak kapal akan menjadi pekerjaan skala besar. Sementara di Amerika Serikat, apalagi di Eropa, masih sedang berjuang dengan Covid – 19 gelombang kedua yang sudah hampir pasti akan menekan konsumsi minyak mentah.

Meskipun demikian, sentimen pasar tidak peduli dengan persoalan tehnis di dalam kehidupan riil. Dan sentimen pasar minyak sekarang sangat positip. Jika ada kandidat vaksin yang lain yang muncul, harga minyak akan bisa naik lagi dengan “resistance” terdekat menunggu di $41.78 yang apabila berhasil dilewati akan lanjutke $42.76 dan kemudian ke $43.50.  Sebaliknya jika turun, akan berhadapan dengan “support” terdekat di $40.57 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $39.12  dan kemudian $36.93.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here