Kenaikan Harga Karet Tocom Awal Pekan Disumbang Bullish Minyak Dunia

1368

(Vibiznews – Commodity) – Mengawali perdagangan karet pekan ini di bursa komoditas internasional hari Senin (16/11/2020), terpantau bergerak rally melanjutkan uptrend pergerakan pekan sebelumnya. Harga karet menanjak terus menuju posisi rekor tertinggi yang dicapai pekan terakhir bulan Oktober.

Harga karet Tocom di bursa Osaka-Jepang ditutup menguat ke posisi tertinggi 2 pekan, sedangkan harga karet bursa Shanghai (SHFE) naik ke posisi tertinggi 1 pekan. Untuk harga karet Sicom naik mendekati kisaran tertinggi 2 pekan yang dicapai 2 sesi sebelumnya. 

Selain fundamental perdagangan karet yang masih kuat, kenaikan harga awal pekan ini mendapat dorongan dari pergerakan kuat harga minyak mentah yang naik cukup signifikan sepanjang sesi Asia dan juga pelemahan dolar AS. Namun untuk karet Tocom, pelemahan dolar AS membatasi pergerakan gain hari ini. 

Harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Maret 2021 akhir perdagangan sesi sore ditutup naik  2,7 yen atau 1,15% ke posisi 238.3 yen per kg, tertinggi sejak 30 Oktober.  Sempat bergerak turun ke posisi 228,0 dan dibuka  pada  posisi 231,0. 

Harga karet di bursa Shanghai (SHFE), khusus untuk kontrak bulan Januari 2021 ditutup menguat 195 poin atau 1,3% ke posisi 14655 yuan, tertinggi sejak 29 Oktober. Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Januari 2021  ditutup naik US$1,7 atau 1,09% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 158,3.

Kekuatan fundamental pasar karet didapat dari  meningkatnya permintaan pada industri otomotif  di China serta industri pembuatan  sarung tangan medis. Kemudian ditambah dengan penurunan  supply,  dengan anjloknya produksi global oleh kekurangan tenaga kerja terkait virus corona serta banjir dan cuaca yang tidak menguntungkan di Thailand dan Vietnam.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here