Bursa Eropa Bergerak Naik Terbantu Harapan Vaksin

142
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa naik pada hari Rabu (18/11) karena investor mempertimbangkan pengumuman vaksin virus corona dan penyebaran virus yang sedang berlangsung.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik tipis 0,4% pada sore hari, dengan saham perjalanan dan rekreasi menambahkan 1% untuk memimpin kenaikan karena sebagian besar sektor dan bursa utama beringsut ke wilayah positif menyusul perdagangan pagi yang melemah.

Penghentian di pasar global dimulai pada hari Selasa, dengan saham Eropa ditutup lebih rendah meskipun latar belakang berita vaksin virus corona yang lebih positif dari Moderna, yang mengumumkan pada hari Senin bahwa data awal menunjukkan vaksin virus korona lebih dari 94% efektif dalam mencegah Covid-19. Kabar itu muncul setelah kandidat vaksin Pfizer dan BioNTech terbukti lebih dari 90% efektif.

Sentimen yang melemah datang ketika penjualan ritel AS datang lebih rendah dari yang diperkirakan untuk Oktober.

Sementara itu, pasar Asia-Pasifik beragam pada perdagangan Rabu karena investor tetap berhati-hati karena kasus virus corona terus melonjak. Data dari Jepang menunjukkan ekspor jauh lebih baik dari yang diharapkan pada bulan Oktober, turun 0,2%, menurut Kementerian Keuangan. Itu dibandingkan dengan perkiraan penurunan 4,5% oleh para ekonom dalam jajak pendapat Reuters. Ini mengikuti penurunan 4,9% pada bulan September.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa masih terus bergerak positif terdukung sentimen harapan penemuan vaksin virus corona.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here