Mencermati Harapan Vaksin dan Kenaikan Kasus Covid-19 – Market Mover 18 November 2020 by Asido Situmorang

441

(Vibiznews – Market Mover) Pasar perdagangan global masih mencermati sentimen peningkatan kasus vírus corona dan harapan penemuan vaksin vírus corona.

Dari berita harapan vaksin, pada hari Senin perusahaan Moderna mengatakan vaksinnya 94,5% efektif dalam mencegah Covid-19 dalam uji coba tahap akhir. Berita ini membangkitkan optimisme dapat dilaksanakannya vaksin bagi masyarakat.

Namun sentimen positif harapan penemuan vaksin coronavirus masih dibayangi kekhawatiran peningkatan kasus virus corona. Wabah baru juga terjadi di Jepang, Korea Selatan dan Australia. Infeksi harian mencapai rekor di Tokyo dan kota sedang bersiap untuk menaikkan status kewaspadaannya ke tingkat tertinggi, kata media lokal, yang akan meminta beberapa bisnis untuk mempersingkat jam kerja mereka.

Berita pengembangan vaksin lebih lanjut yang positif masih diperkirakan terjadi dalam beberapa hari atau minggu ke depan, dan hal itu meredakan risiko penurunan pertumbuhan global.

Bagaimana pengaruh harapan penemuan vaksin virus corona dibayangi kekhawatiran kenaikan kasus virus corona terhadap pasar global?

Pasar indeks merespon mixed terkait sentiment penemuan vaksin dan kenaikan kasus virus corona. Bursa Wall Street, Eropa dan Asia berpotensi mixed, seiring meningkatnya kasus virus corona di negara-negara tersebut.

Dari pasar forex, mata uang safe haven berpotensi lemah jika berita perkembangan positif vaksin vírus corona terus berlanjut dalam minggu ini. Mata uang Euro dan Poundsterling diperkirakan stabil.

Dari pasar komoditas, emas diperkirakan melemah jika berita harapan penemuan vaksin vírus corona terus meningkat. Sedangkan minyak mentah melemah dengan peningkatan pasokan minyak mentah mingguan AS, namun jika berita rencana OPEC menunda kenaikan produksi minyak dapat memberilkan dukungan harga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here