Harga Karet Dunia Pulih Kembali, Tocom Rebound dari Terendah Sepekan

1622

(Vibiznews – Commodity) – Setelah selama 2 sesi berturut melemah, pasar karet di bursa komoditas internasional hari Kamis (19/11/2020) pulih kembali yang disupport oleh pergerakan kuat harga minyak mentah. Harga karet Tocom yang diperdagangkan di bursa Osaka-Jepang rebound dari posisi terendah sepekan, demikian juga karet di SHFE dan Sicom.

Pergerakan harga minyak mentah menjadi salah satu katalis pergerakan harga karet, dikarenakan minyak mentah menjadi bahan baku karet sintetis. Penguatan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis menjadi lebih mahal, sehingga permintaan karet alami mengalami kenaikan.

Selain itu terdapat berita yang menguatkan fundamental pasar karet, menurut data Oktober dari China Automobile Manufacturers Association bahwa penjualan kendaraan, produksi dan ekspor semua meningkat tahun ini didukung oleh permintaan ban truk dan semi-trailer. China merupakan negara konsumen karet terbesar dunia, dimana kebutuhan untuk industri otomotif dan sarung tangan medisnya sedang meningkat.

Harga karet Tocom di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai yaitu kontrak bulan Maret 2021 akhir perdagangan sesi sore ditutup anjlok  1,3 yen atau 0,58% ke posisi 224.0 yen per kg.  Sempat bergerak turun ke posisi 221,6 dan posisi tertinggi harian pada posisi 228,8.

Harga karet di bursa Shanghai (SHFE), khusus untuk kontrak bulan Januari 2021 ditutup naik 95 poin atau 0,66% ke posisi 14295 yuan. Untuk harga karet di bursa Singapura – Sicom,  kontrak yang sedang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Maret 2021  ditutup naik  US$1,6 atau 1,03% dari harga sesi sebelumnya ke posisi 157,0.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here