Hongaria dan Polandia Tolak Stimulus Fiskal, Menekan Pemulihan Ekonomi Uni Eropa

367
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Para pemimpin dari 27 negara anggota Uni Eropa setuju pada bulan Juli untuk meminjam dana bersama, melalui Komisi Eropa – sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mengakhiri penentangan lama dari negara-negara yang lebih konservatif secara fiskal, seperti Jerman dan Belanda, untuk berkomitmen untuk pinjaman bersama.

Kesepakatan ini, yang mencakup investasi sebesar 1,8 triliun euro ($ 2,13 triliun), diubah bulan lalu untuk menghubungkan pencairan dana dengan komitmen pada nilai inti UE – yang dikenal sebagai aturan hukum.

Namun, Hongaria dan Polandia, menentang kesepakatan baru tersebut dan memveto perjanjian tersebut.

Banyak yang khawatir rencana stimulus senilai $ 2 triliun tidak akan direalisasikan secepat yang direncanakan, berpotensi mengancam pemulihan di kawasan tersebut.

Stimulus fiskal besar-besaran adalah kombinasi dari anggaran tujuh tahun yang terdiri dari 1,074 triliun euro dan penyangga tambahan 750 miliar euro, yang akan dikumpulkan dari pasar publik. Dana ini dijadwalkan untuk didistribusikan mulai Januari dan seterusnya dan disambut baik oleh pasar keuangan pada saat pengumumannya.

Negara-negara Eropa telah terpukul secara signifikan oleh pandemi virus corona, khususnya negara-negara yang berhutang banyak seperti Italia dan Spanyol. Mereka telah berjuang melawan kejatuhan ekonomi dan meminta solusi di seluruh Uni Eropa segera setelah darurat kesehatan masyarakat.

Negara-negara UE saat ini menghadapi kondisi akses pasar yang lebih menguntungkan daripada awal tahun ini, tetapi semakin lama penundaan pencairan dana, semakin buruk bagi ekonomi mereka. Investasi infrastruktur tertentu, misalnya, mungkin akan tetap ditahan sampai uangnya tiba.

Berbicara kepada anggota parlemen Eropa pada hari Kamis, Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan paket stimulus “harus beroperasi tanpa penundaan.”

Bank Sentral Eropa memperkirakan penurunan 8% dalam produk domestik bruto untuk kawasan euro tahun ini. Ini akan menjadi kontraksi terburuk dalam sejarah kawasan itu.

Ke-27 pemimpin Eropa akan melakukan diskusi virtual Kamis malam, tetapi mereka diperkirakan tidak akan langsung menyelesaikan kebuntuan anggaran.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here